Psikologi Manusia

Kali ini saya akan membagikan Apa-apa hal yang dimaksud Psikologi Manusia. baik psikologi manusia adalah ilmu pengetahuan yang luas dan ambisius, dilengkapi dasar-dasar pengambilan ilmu biologi, ilmu saraf, pada batasan ilmu alam yang dilengkapi tentang sosiologi, anthropologi. Berikut beberapa kajian ilmu psikologi manusia diantaranya:

Pengertian Psikologi

Psikologi manusia
Chalk board doodle with symbols on psychology. Vector illustration. Set of education and learning doodles.

Psikologi adalah ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku dan fungsi mental dari manusia secara ilmiah, para praktisi disini disebut psikolog. Peran psikolog yaitu mempelajari fungsi mental perilaku individu maupun kelompok setiap manusia.

Juga mempelajari proses fisiologis, neurobiologis yang mendasari perilaku manusia. Menurut asal katanya psikologi berasal dari bahasa Yunani Kuno (ψυχή) Psychē  berarti jiwa dan (λογία) logia berarti ilmu, yang secara etimologis psikologi adalah ilmu yang mempelajari jiwa manusia.

Sejarah Psikologi

psikologi sejarah
www.satujam.com

Sebagai ilmu pengetahuan psikologi dalam proses penemuanya melalui sebuah perjalanan panjang, jika ditelusuri bisa jauh hingga ke masa Yunani kuno.

Psikologi memiliki akar dari ilmu filosofi yang diprakarsai sejak zaman Aristoteles sebagai ilmu jiwa, yaitu ilmu kekuatan hidup (levens beginsel). Aristoteles memandang ilmu jiwa sebagai ilmu yang mempelajari gejala setiap orang.

Jiwa adalah unsur kehidupan ini, karena itu tiap-tiap makhluk hidup mempunyai jiwa. Dapat dikatakan bahwa sejarah psikologi manusia sejalan dengan perkembangan intelektual di dunia ini.

Peran Psikologi 

PSIKOLOGI fungsi
pekanews.com

Psikologi sebagai ilmu pengetahuan manusia, walaupun sejak dulu sudah ada ilmu yang mempelajari manusia, dalam kurun waktu yang bersamaan hadirlah pemikiran tentang ilmu yang mempelajari alam.

Tetapi karena kerumitan dan kedinamisan manusia yang diciptakan maka hal tersebut sulit untuk dipahami oleh orang lain, maka ilmu psikologipun diciptakan sebagai ilmu yang membahas jiwa manusia sejak akhir tahun 1800.

Tepatnya pada tahun 1879 laboratorium psikologi pertama di dunia di ciptakan di University of Leipzig Jerman. oleh Wilhem Wundt, dengan berdirinya laboratorium ini, maka lengkaplah syarat psikologi untuk menjadi ilmu pengetahuan.

Fungsi Psikologi

psikologi
Kumpulan Filosofi Hidup – blogger

Ada tiga fungsi psikologi yaitu:

  1. Psikologi menjelaskan. Mampu menjelaskan apa, bagaimana, dan mengapa tingkah laku manusia bisa terjadi, hasilnya muncul penjelasan berupa deskripsi atau bahasan yang bersifat deskripti.
  2. Psikologi memprediksikan. Yaitu mampu meramalkan atau memprediksikan apa, bagaimana, dan mengapa tingkah laku manusia bisa terjadi, hasil prediksi berupa prognosa, prediksi atau estimasi.
  3. Psikologi pengendalian. Yaitu mampu mengendalikan tingkah laku sesuai dengan harapkan, perwujudannya bisa berupa tindakan yang sifatnya preventif atau pencegahan, intervensi serta rehabilitasi, perawatan jiwa manusia tersebut.

Perilaku Psikologi

Pendekatan perilaku psikologi seseorang ini pada dasarnya adalah tingkah laku atau respon stimulus yang datang untuk menjawab. Sederhananya dapat digambarkan dalam model (SR) atau Stimulus-Respon, yang berarti tingkah laku manusia itu seperti reflek, dan tanpa kerja mental sama sekali reflek ini  sudah berjalan.

Sifat-sifat Psikologi

psikologi manusia
qolbunhadi

Kepribadian atau sifat-sifat manusia ini bisa kita lihat dengan empat cara tes kepribadian berikut caranya.

1. Tipe Sanguanis
<Kelebihan tipe ini orang yang periang, kepribadian menarik, pintar bergaul, cepat dapat teman.
>Kekurang tipe ini kekanak-kanakan (childist), plin-plan, pelupa berat, dan yang umumnya cerewet.

2. Tipe Koleris
<Kelebihan tipe ini berjiwa pemimpi, pekerja keras, pandai mengajak orang lain.
>Kekurangan tipe ini blak-blakan, bicaranya tidak bisa di saring, keras kepala, tidak mau kalah, sombong.
3. Tipe Melankolis
<Kelebihan orang ini setia, orangnya perasa, peduli sama perasaan orang lain, berjiwa seni, rela berkorban. >Kekurangan tipe ini melankolis kurang percaya diri, gampang di tipu, mudah panik, yang parah lagi pendendam apalagi kalau dikhianati, dia akan slalu ingat rasa tersakitinya, dan paling ekstrim dari itu bisa terjadi.
4. Tipe Phlegmatis
<Kelebihan tipe ini orangnya simpatik, ramah, pendengar yang baik, murah senyum, banyak disukai orang lain, banyak bersyukur, dan orangnya multi talent atau serba bisa.
>Kekurangan tipe ini orangnya males, lama mengambil keputusan, dan cuek.

Perkembangan Psikologi

psikologi manusia
KONSULTAN PSIKOLOGI JAKARTA

Setelah adanya studi psikologi yang mempelajari perkembangan jiwa manusia dan faktor-faktor yang membentuk prilaku dari sejak lahir sampai lanjut usia. Psikologi kini berkembang serta semakin berkaitan erat dengan psikologi sosial, karena perkembangan yang terjadi dalam konteks interaksi sosial sehari-hari.

Perkembangannya juga berkaitan erat dengan psikologi kepribadian, karena intinya perkembangan individu itu membentuk kepribadian yang khas dari suatu individu.

Selain itu ada lagi pengembangan psikologi yaitu psikologi kognotif. Berikut pengertian antaran psikologi sosial, kepribadian, dan kognotif tersebut:

Psikologi sosial

psikologi sosial
pendidikan universal

Bidang ini terdiri dari tiga lingkup yaitu.

  1. Berpengaruhnya terhadap proses individu manusia misalnya studi motivasi proses belajar, tentang persepsi, atribusi atau sifat.

2. Berpengaruhnya tentang proses individual secara bersama seperti bahasa, perilaku meniru sikap sosial, dan                 lain-lain.

3. Berpengaruhnya tentang interaksi kelompok misalnya kepemimpinan, kerjasama dalam                                                   kelompok, komunikasi hubungan kekuasaan, dan persaingan sesama.

Psikologi kepribadian

Bidang psikologi yang ini mempelajari tingkah laku manusia untuk menyesuaikan diri di lingkungan tersebut, tentu berkaitan erat dengan perkembangan psikologi sosial, sebab kepribadian adalah hasil perkembangan psikologi individu sejak kecil dalam cara individu itu berinteraksi sosial dengan lingkungannya.

Psikologi kognitif

Adalah bidang psikologi yang mempelajari kemampuan kognisi seperti Persepsi, atensi, proses belajar, kemampuan memori, kemampuan bahasa dan emosi orang tersebut.

Wilayah Terapan Psikologi

psikologi wilayah
ozitan.blogspot.com

Wilayah terapan psikologi adalah suatu wilayah di mana kajian psikologi tersebut dapat diterapkan di suatu tempat, walaupun belum terbiasa kita sebagai orang Indonesia dengan spesialisasi untuk membuat wilayah terapan yang rancu ini.

Misalnya, ada seorang ahli psikologi pendidikan, yang mungkin saja bekerja sebagai HRD perusahaan atau sebaliknya.

Pendidikan Psikologi

psikologi pendidikan
silabus.org

Psikologi pendidikan disisi ini berusaha untuk menciptakan situasi yang mendukung bagi anak didik dalam mencakup suatu ilmu pengetahuan dalam perkembangan akademik, sosialisasi, dan emosi anak tersebut, yang intinya bertujuan untuk membentuk mind set anak atau pola pikir anak.

Industri dan Organisasi Psikologi 

pengaruh psikologi
WordPress.com

Psikologi industri ini memfokuskan pada menggembangan, untuk mengevaluasi dan memprediksi kinerja suatu pekerjaan yang dikerjakan oleh individu pekerja.

Sedang untuk psikologi organisasi, disini mempelajari bagaimana tentang suatu organisasi, cara mempengaruhi dan berinteraksi dengan anggotanya.

Kerekayasaan Psikologi 

Penerapan psikologi yang berkaitan dengan interaksi, manusia dan mesin untuk mencapai tujuan tertentu dan meminimalisir kesalahan manusia ketika berhubungan dengan mesin, yang juga di sebut human error.

Klinis Psikologi 

psikologi manusia
Clear.co.id

Adalah bidang psikologi dan juga penerapan psikologi dalam memahami, mencegah, dan memulihkan suatu keadaan psikologis individu ke ambang normal ilmu pengetahuan.


Kritik Dari Sisi Lain

Berdasarkan berbagai pengertian di atas bisa kita pahami perbedaan budaya kita, dengan budaya pada saat psikologi muncul sebagai ilmu pengetahuan di wilayah lain. Apakah kajian ilmu psikologi ini sesuai dengan kebudayaan kita ataukah memang ada berbedaan di dalamnya.

Misalkan saja kalau kita adalah suku pedalaman yang masih mengandalkan cara berburu dalam kehidupan sehari-hari, maka disisi inilah berburu bisa menjadi patokan tolak ukur kecerdasan kita sebagai seseorang yang hidup di suatu pedalaman.

Bukan dilihat dari sisi kecerdasan itu diukur dari bisa dan tidaknya kita menghitung matematika, menggunakan alat teknologi lain untuk menjawab soal-soal ujian ataupun menjawab rangkaian tes kecerdasan dan lain-lain.

Tapi Kesesuaian psikologi dengan wilayah kebudayaan itulah yang benar-benar harus kita pahami, lalu kita lihat dengan mata lebar, pikiran luas, pemahaman dan cara yang ada.

Sehingga teori-teori tersebut akan menjadi teori yang benar-benar relevan, dengan wilayah budayanya, dan tentu diri kita sebagai seorang manusia berjiwa yang hidup sosial sementara saja di dunia ini.

Trimakasih telah membuka dan membaca artikel tentang psikologi manusia ini.

2 pemikiran pada “Psikologi Manusia

  1. Psikologi luas sekali. Saya dulu pernah tertarik dengan buku2 psikologi populer dan membaca khusus buku2 yang membahas 4 tipe kepribadian di atas, dan juga mencoba menganalisa diri sendiri, keluarga, dan orang lain. Lumayan jadi penambah wawasan.

Tinggalkan komentar