Kliping Bencana Alam Beserta Gambarnya Terbaru

KLIPING BENCANA ALAM – Bencana alam adalah peristiwa alam yang mengakibatkan dampak besar bagi populasi umat manusia dan mahluk lainya misal dapat berupa Tsunami, Gunung Meletus, Gempa Bumi, tanah longsor, Tornado, Badai, kekeringan, Hurikan, Kebakaran Hutan dan bisa sampai wabah penyakit berbahaya. Contoh disini saya akan membagikan Beberapa kliping bencana alam beserta gambarnya terbaru. Berikut adalah bencana alam yang mungkin pernah kita jumpai dan dengar keberadaannya yaitu:

Kliping Bencana Alam Gempa Bumi

Kliping Bencana Alam
Tribunnews.com

Kliping bencana alam tentang Gempa Bumi adalah guncangan atau guncangan yang terjadi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik (Gelombang Gempa Bumi). biasanya disebabkan oleh pergerakan kerak Bumi yaitu lempeng Bumi.

Frekuensi suatu wilayahpun mengacu pada jenis dan ukuran gempa bumi, selama periode waktu itu. cara mengukur Gempa Gumi menggunakan alat yang bernama Seismometer. Moment magnitudo salah satu skala yang paling umum di mana Gempa Bumi terjadi di seluruh dunia.

Skala Rickter salah satu skala observatorium seismologi nasional yang di ukur pada skala besaran lokal 5 magnitude. Dilanjut skala yang sama lainya selama rentang angka valid, Gempa 3 magnitude atau lebih sebagian besar tidak terlihat dan karena besarnya 7 berpotensi akan kerusakan serius di daerah yang luas.

Namun itu tergantung pada kedalaman Gempa. Dalam sejarahnya Gempa Bumi terbesar yaitu lebih dari 9 Skala Rickter. Meski begitu besar namun tetap ada batasan besarnya. Gempa Bumi terbesar terakhir sekitar 9,0 atau lebih besar adalah 9,0 magnitudo Gempa yang pernah terjadi di negara Jepang pada bulan Maret tahun 2011.

Gempa Jepang adalah Gempa terbesar sejak pencatatan Gempa dimulai. Intensitas getaran diukur sampai pada modifikasi Skala Mercalli.

Gempa Bumi ini disebabkan adanya aktivitas tektonik, pergeseran lempeng-lempeng tektonik secara mendadak mempunyai kekuatan dari sangat kecil sampai yang sangat besar. Gempa bumi jenis ini banyak menimbulkan kerusakan parah atau bencana alam di Bumi lainya.

Getaran sangat kuat sampai mampu menjalar keseluruh bagian Bumi, Gempa bumi tektonik disebabkan karena pelepasan tenaga yang jenuh dan akhirnya pergeseran lempengan plat tektonik seperti layaknya gelang karet ditarik dan dilepaskan, maka muncul gaya pegas yang sangat kuat menjadi Gempa Bumi.

Berikut beberapa penyebab Gempa Bumi yaitu:

  1. Gempa Bumi Tumbukan, Gempa Bumi jenis ini diakibatkan oleh tumbukan meteor atau asteroid yang jatuh ke Bumi, namu jenis gempa Bumi ini jarang terjadi dimana-mana.
  2. Gempa Bumi Runtuhan, Gempa Bumi jenis ini biasanya terjadi pada daerah kapur atau pada daerah pertambangan besar, Gempa Bumi ini termasuk Gempa yang jarang terjadi dan bersifat lokal saja.
  3. Gempa Bumi Buatan, Gempa bumi jenis buatan adalah gempa bumi yang disebabkan ulah manusia sendiri, semisal, nuklir, peledakan dinamit, atau palu bumi yang dipukulkan ke permukaan bumi.
  4. Gempa Bumi Vulkanik, atau gunung berapi, Gempa Bumi jenis ini terjadi akibat adanya aktivitas magma sebelum gunung meletus, jika keaktifannya tinggi akan menimbulkan ledakan yang berujung terjadinya Bempa Bumi. namun Gempa Bumi tersebut hanya terasa di sekitar gunung api saja.

Lihat Juga: Urutan Presiden Indonesia

Kliping Bencana Alam Tsunami

Kliping Bencana Alam
youtube.com

Kita ambil dari salah satu contoh kliping bencana alam tentang Tsunami pernah terjadi di Indonesia tepatnya di Aceh, yang juga merupakan salah satu bencana alam terdahsyat di dunia pada kurun waktu 40 tahun terakhir, di kabarkan oleh PBB sebanyak 229.826 korban Gempa Tsunami hilang juga 186.983 lainnya tewas.

Tsunami Samudra Hindia ini menjadi Gempa Tsunami terparah dalam waktu kurun 10 tahun terakhir, berdaya kekuatan 9.3 Skala Rickter menurut. Pacific Tsunami Warning Center, ini telah memporak-porandakan aceh tepatnya Sumatera paling Utara.

Selain itu daerah Pantai Barat Semenanjung Malaysia, Thailand, Pantai Timur India, SriLanka, bahkan Pantai Timur Afrika juga dapat merasakanya. Bencana yang memakan kematian terbesar sepanjang sejarah. Indonesia, Sri Lanka, India, dan Thailand merupakan negara dengan jumlah kematian terbesar.

Wilayah yang paling parah dari dampak  Gempa Tsunami adalah meulaboh dan Banda Aceh. Hampir 50 % bangunan di wilayah tersebut hancur luluh lantah tekena dampak Gempa Tsunami tersebut.

Selain itu ada laporan Japanese National Police Agency atau JNPA. terjadi juga Tsunami yang paling besar, menyatakan bahwa sebanyaknya 15.269 tewas dan 8.526 lainnya hilang di enam prefektur, meski dikhawatirkan jumlah korban tewas jauh lebih tinggi lagi.

Berdaya kekuatan 9,0 Skala Rickter, menjadikan gempa terbesar yang mengguncang Jepang sepanjang sejarah dan merupakan salah satu dari empat Gempa terbesar di dunia sejak pencatatan gempa modern dimulai, Gempa ini dianggap Gempa terbesar yang pernah mengguncang Jepang dalam 1.200 tahun terakhir.

Berikut beberapa penyebab Tsunami yaitu:

  1. Adanya Gempa Bumi yang berpusat di tengah laut dan dangkal dalam kedalaman 0 – 30 km.
  2. Adanya Gempa Bumi dengan kekuatan sekurang-kurangnya 6,5 Skala Richter.
  3. Adanya Gempa Bumi dengan pola sesar yang naik dangan sesar yang turun.

Kliping Bencana Alam Gunung Meletus

Kliping Bencana Alam
satujam.com

Kliping bencana alam tentang Gunung berapi atau Gunung Meletus, secara umum istilah ini dapat didefinisikan sebagai suatu sistem saluran fluida panas atau batuan dalam wujud cair atau lava yang memanjang di kedalaman sekitar 10 km di bawah permukaan bumi sampai atas ke permukaan bumi.

Disebut endapan hasil akumulasi material yang dikeluarkan pada saat meletus, suatu gunung berapi merupakan bentuk alam dari pecahan yang terjadi di kerak dari benda langit bermassa planet, seperti Bumi, lalu mengakibatkan lava panas, abu vulkanik dan gas yang bisa keluar dari dalam magma di bawah permukaan bumi.

Gunung berapi di Bumi terbentuk akibat kerak yang terpecah menjadi 17 lempeng tektonik utama, yang kaku mengambang di atas lapisan mantel panas dan lunak, oleh karena itu gunung berapi di Bumi berada di batas divergen dan konvergen dari lempeng tektonik.

Misalnya pegunungan di punggung tengah atlantik. Gunung berapi yang terbentuk dari gerak divergen lempeng tektonik, sementara di Cincin Api Pasifik gunung berapi terbentuk dari gerakan konvergen lempeng tektonik yang mendekat. Namun Gunung berapi jenis ini tidak terbentuk di wilayah dua lempeng tektonik.

Meletusnya gunung berapi terjadi saat magma naik melintasi kerak bumi lalu muncul di permukaan, bila gunung berapi meletus, maka magma yang terkandung di dalam kamar magmar di bawah gunung akan keluar lahar atau lava. Selain itu meletusnya gunung bisa disebabkan hal-hal lain.

Berikut beberapa penyebab Gunung Meletus yaitu:

  1. Keluar aliran lava dari dapur magmar
  2. Gunung Meletus akibat aliran lumpur
  3. Akibat abu
  4. Akibat Kebakaran hutan di sekitar gunung
  5. Muncul gas beracun
  6. Gelombang air Tsunami
  7. Gempa bumi besar

Kliping Bencana Alam Tornado

Kliping Bencana Alam
beritalink.com


Kliping bencana alam tentang Tornado adalah kolom udara yang putaran anginnya gila kencang, yang membentuk hubungan antara awan cumulonimbus dan dalam kejadian langka dari dasar awan cumulus permukaan tanah.

Tornado bisa muncul dalam banyak ukuran namun pada umumnya berbentuk corong kondensasi yang terlihat jelas besar, yang ujungnya yang menyentuh bumi kemudia menyempit yang dikelilingi oleh awan yang membawa puing-puing.

Umumnya Tornado memiliki kecepatan angin sebesar 177 km/jam atau lebih, dengan rata-rata jangkauan 75 m dan baru menempuh jarak beberapa kilometer sebelum menghilang, beberapa Tornado pernah mencapai kecepatan angin dari 300–480 km/jam dengan lebar lebih 1.6 km, yang dapat bertahan di permukaan lebih dari 100 km.

Tornado telah diamati di setiap benua kecuali Antartika, Tornado sering terjadi di Amerika Serikat tepatnya di Kanada bagian selatan, di Asia terjadi di bagian selatan tengah dan timur, Amerika Latin di timur tengah, Afrika Selatan, Eropa di barat laut tengah, Australia barat dan selatan, dan Selandia Baru.

Kliping Bencana Alam tornado
blog.act.id

Berikut penyebab Tornado yaitu:

Akibat kolom udara yang berputar kencang lalu menyatu dengan permukaan tanah disitulah Tornado bisa muncul.

Kliping Bencana Alam Badai

Kliping Bencana Alam
m.RadioAustralia.net.au

Kliping bencana alam tentang Badai adalah suatu bencana alam yang muncul akibat dari cuaca yang sangat ekstrem, bisa karena adanya hujan es, badai salju, sampai badai pasir dan debu. Dalam istilah lain Badai disebut juga siklon tropis oleh pakar meteorolog, di jelaskan bahwa badai berasal dari samudera yang hangat.

Badai bergerak di atas laut dengan mengikuti arah angin dengan kecepatan sekitar 20 km/jam.Badai bukan angin ribut biasa karena kekuatananginnya dapat mencabut pohon besar sampai akarnya, meruntuhkan jembatan, menerbangkan hewan-hewan, dan menerbangkan atap bangunan dengan gampang.

Hal paling berbahaya dari badai adalah sambaran petir, banjir bandang, dan angin kencang yang berlaku terhadap berbagai macam badai misal, badai hujan, badai guntur, dan badai salju. Badai paling berbahaya adalah badai topan hurricane, dikenal juga sebagai angin siklon cyclone di Samudera Hindia dan topan typhoon di Samudera Pasifik.

Tempat pusat Badai ada tiga di dunia ini yaitu, Samudera Hindia, Samudera Atlantik, dan Samudera Pasifik.

Berikut beberapa penyebab Badai yaitu:

1. Tingginya suhu diatas permukaan laut.

2. Perubahan energi atmosfer yang mengakibatkan petir dan badai.

3. Badai tropis yang berpusar dan bergerak dengan cepat mengelilingi suatu pusat, penyebabnya adalah tekanan udara sangat rendah disertai angin yang kencang dengan kecepatan mencapai 250 km/jam. Hal ini bisa pernah terjadi di Indonesia.

Kliping Bencana Alam Longsor

Kliping Bencana Alam
voaindonesia.com

Kliping bencana alam tentang Longsor atau juga disebut gerakan tanah, adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi karena pergerakan pada masa batuan atau tanah dengan berbagai tipe dan jenis seperti, jatuhnya bebatuan atau bisa gumpalan tanah yang besar. Secara umum kejadian longsor disebabkan oleh dua faktor yaitu.

Faktor pendorong juga faktor pemicu. Faktor pendorong adalah faktor yang memengaruhi kondisi material itu sendiri, sedang faktor pemicu adalah faktor yang terjadi akibat bergeraknya material tersebut.

Meskipun penyebab paling utama adalah gravitasi dari suatu lereng yang curam, namun ada faktor-faktor longsor lain lagi yang turut berpengaruh.

Berikut beberapa penyebab Longsor yaitu:

  1. Lonsor karena erosi yang disebabkan aliran air permukaan atau air hujan, sungai-sungai dan gelombang laut yang terus menggerus kaki lereng-lereng.
  2. Longsor akibat lereng dari bebatuan dan tanah diperlemah melalui saturasi yang diakibatkan turun hujan lebat.
  3. Longsor Gempa Bumi, menyebabkan getaran dan akhirnya muncul tekanan pada partikel-partikel mineral di bidang lemah pada masa batuan tanah yang mengakibatkan longsornya lereng-lereng tersebut.
  4. Gunung berapi menciptakan simpanan debu yang lengang, jika turun hujan lebat maka aliran debu-debu gunung berapi tersebut akan mengakibatkan longsor.
  5. Longsor dari getaran mesin, lalu lintas kendaraan, penggunaan bahan-bahan peledak, dan bisa juga muncul dari petir.
  6. Longsor akibat berat dan jenuh yang berlebihan di tanah tersebut, misalnya dari berkumpulnya hujan di titik itu saja, maka hal tersebut bisa mngakibatkan longsor.

Kliping Bencana Alam Kebakaran Hutan

Kliping Bencana Alam
indowarta.com

Kliping bencana alam tentang kebakaran hutan, kebakaran liar, kebakaran vegetasi, atau kebakaran semak, adalah istilah sebuah kebakaran yang terjadi di alam liar, termasuk juga bencana yang juga dapat memusnahkan rumah-rumah dan lahan pertanian milik warga.

Terjadinya musim kemarau panas berkepanjangan, adalah penyebab utama kebakaran liar hutan besar. kebakaran hutan atau dalam bahasa berarti, api liar berasal dari kata sinonim dari api Yunani. namun ada juga benda pencipta kebakaran yaitu, napalm adalah benda yang digunakan di Eropa pertengahan sebagai senjata maritim.

Berikut beberapa penyebab kebakaran hutan yaitu:

  1. Sambaran petir pada pohon yang kering karena musim panas kemarau yang berkepanjangan.
  2. Kecerobohan manusia sendiri, antara lain membuang putung rokok sembarangan, lupa mematikan api di perkemahan dan api lain-lainya.
  3. Terkena aktivitas vulkanis seperti terkena aliran lahar, awan panas dari letusan gunung berapi.
  4. Kebakaran yang disengaja, karena ingin membersihkan lahan pertanian atau membuka lahan pertanian baru , tindakan vandalisme.
  5. Kebakaran di bawah tanah ground fire pada daerah tanah gambut yang dapat memicu kebakaran di atas tanah pada musim panas kemarau.

Contoh Bencana Alam Luar Negeri

Berikut bencana alam di luar negeri, kliping contoh bencana alam, peristiwa alam, artikel bencana alam, kliping peristiwa alam, peristiwa alam banjir, artikel fenomena alam, peristiwa bencana alam, kliping banjir. 

1. Peshtigo Wildfire (8 Okt 1871)

Peristiwa contoh bencana alam  kebakaran yang terjadi di Peshtigo menyebabkan pembakaran lebih dari 1 juta hektar tanah di sana. Akhirnya, pada bulan Oktober 1871, dinobatkan sebagai kebakaran hutan yang menghancurkan dalam sejarah Amerika.

Percikan hembusan angin kencang bisa membuat tornado api di tempat kejadian dan tercatat 1.200 orang telah terbunuh.

2. Badai Terbesar Abad (12-14 Maret 1993)

Contoh bencana alam, 11 artikel fenomena alam tornado, dengan kekuatan badai es membawa batu menyentuh seluruh bagian Kanada, Amerika Serikat dan Kuba. Akhirnya, karena kekuatan badai besar seperti itu, badai ini sejauh ini disebut Supertormenta. Badai ini menyebabkan kerugian sebesar $ 6 miliar dan menyebabkan 300 kematian.

3. Gempa Besar di Cile (22 Mei 1960)

Meskipun gempa cile bukanlah contoh bencana alam gempa paling mematikan atau paling merusak dalam sejarah, namun dalam hal kekuatan, gempa tersebut memiliki skala 9,5 skala Richter dan menyebabkan tsunami di Valdivia, Cile. Hasil gempa tersebut 1.600 orang tewas.

4. Wabah Besar (3-4 April 1974)

Contoh bencana alam saat itu 148 tornado yang melanda 13 negara bagian di Amerika Serikat. Badai ini tidak terjadi dalam waktu 1-2 jam, namun berlangsung selama 24 jam.

Akhirnya pada 1974, pejabat tersebut mengumumkan korban tewas sebanyak 330 orang dan 5.000 orang luka-luka. Jika Anda menggabungkan 148 tornado, anda akan menghasilkan badai 2.500 ribu.

5. Tangshan Gempa (1976)

Kliping contoh bencana alam yang dibanding bencana alam gempa Sichuan yang terjadi pada 2008 (69.000 kematian), gempa tersebut tidak bisa disetarakan dengan gempa Tangshan tahun 1976 Cina.

Karena gempa Tangshan mematikan lebih dari 255.000 orang. Bahkan angka resmi, korban tewas adalah dua kali lipat dari hasil tersebut. Gempa 7,5 derajat pada skala Richter.

6. Pompei (79 S.M.)

Kliping bencana alam, dan contoh bencana alam yang sudah di riset kejadian ini berlangsung sekitar 2.000 tahun yang lalu, tahun 79 SM.

Ada gunung berapi yang meletus Vesuvius disebut pada hari itu selama satu hari penuh, abu dan zat beracun terlalu banyak untuk mengubur kota yang dinamakanPompeii (Peristiwa ini disebut aliran piroklastik).

7. Krakatau (26-27 Agustus 1883)

Ketika Krakatau meniup ledakan keempat pada Agustus 1883, gunung berapi itu melepaskan tiga mil kubik magma dan sama dengan kekuatan energi bom atom pertama. Ledakan terdengar ribuan mil jauhnya.

Ledakan Krakatau mengagetkan seluruh negara Samudera Pasifik. Ledakan yang menyebabkan seluruh pulau Krakatau tenggelam ke dasar laut dan 100 pulau-pulau sekitarnya hilang tenggelam.

Sebagai hasil dari contoh bencana alam letusan Krakatau, 36.000 kematian, sebagian besar disebabkan oleh tsunami dan abu dari letusan Gunung Krakatau bahkan New York melalui udara dan laut, menyebabkan penurunan suhu di seluruh dunia selama setahun.

Badai Katrina (2005)

Ada 5 Jenis kliping peristiwa alam langsung tentang Badai Katrina menghantam pantai Teluk pada bulan Agustus 2005, itu akrab. Lebih dari 1.800 orang tewas akibat Badai Katrina yang melanda bangunan di sana, tanpa bisa menahan badai.

80% dari New Orleans tergenang oleh air dan daun dari ranting pohon terbang jauh. Ini adalah contoh bencana alam untuk kita agar dan selalu sadar akan bencana alam yang kita tidak akan pernah tahu kapan itu.

9. Banjir Terbesar

Peristiwa alam banjir ini kejadian sejarah atau cerita sejarah tentang kejadian suci dunia. Contoh bencana alam banjir yang sangat mematikan yang terjadi di belahan dunia mana saja dan kepada seluruh ras di dalamnya.

Banyak yang selamat dari banjir berkat Bahtera Nabi Nuh berlayar ras Sumeria, India, penduduk asli Amerika, dan masih banyak lagi suku lainya. Tentu ini adalah salah satu mukjizat Nabi, yaitu ras dunia bersatu, seluruh pendosa mati, spesies makhluk hidup terjaga dan terlahir.

Demikian itu dengan kejadian-kejadian ini, kita sebagai manusia seharusnya sudahlah mulai sadar, bahwa semuah itu adalah kekuasaan Allah yang telah memberi kita ujian azab atau apa bentuk balasan lalai pada kita.

Jadi baiknya jika kita mulailah perbanyak ibadah kita semisal memperbanyak sholat tahajut, sholat dhuha, sholat witir, dan amalan ibadah yang lain, agar kita bisa lebih baik menghadapi ujiannya.

Itu tadilah beberapa informasi kejadian kliping bencana alam, yang bisa anda buat kliping contoh bencana alam beserta gambarnya terbaru, sekian trimakasi anda telah mau melihat artikel ini sampai jumpa di artikel yang lainya, babaayy.

Satu pemikiran pada “Kliping Bencana Alam Beserta Gambarnya Terbaru

Tinggalkan komentar