Contoh Cerpen Singkat Populer Lengkap dengan Penjelasanya

CONTOH CERPEN SINGKAT-Haloo sahabat, kita berjumpa kembali ya, kali ini saya akan bagi yang berkaitan dengan cerita pendek, atau cerpen, ya tema yang aka aku bawakan kali ini tentang, persahabatan, pengalaman, Lucu dan cinta, semacam contoh cerita pendek romantis.

Nah sebelum kita juga membahas tentang contoh cerpen singkat, dan koleksi cerita pendek, cerpen romantis, cerpen singkat, cerpen cinta, cerpen pengalaman, cerpen lucu, maka baiknya kita pelajari terlebih dahulu apa itu cerpen.

Contoh Cerpen Singkat

contoh cerpen singkat
caragigih.id

Cerita pendek terbaik adalah salah satu singkatan atau bisa dibilang terbilang dengan singkatan dari cerpen, karena dibuat sedikit sekali, bahkan untuk endingnya juga singkat.

Terkadang misalnya teks cerita pendek dari pendidikan ini bisa lebih hanya sekedar dibuat untuk kisah nyata atau nyata dari sebuah cerita lucu karena dalam satu hari maka dari cerita yang bisa Anda ambil terkait pelajaranannya ini yang bermakna.

Tapi cerpennya adalah salah satu yang bisa dibuat dalam fiksi dan bisa untuk mendepankan pekerjaan yang lebih baik dari seorang penulis profesional. Contoh cerpen singkat.

Ini adalah kilasan cerpen pendek tentang cinta. Sekarang misalkan contoh di sini akan mengilustrasikan betapa pentingnya persahabatan dengan persahabatan kita, karena kemungkinan besar menjadi salah satu realitas kehidupan yang bisa kita temukan dalam kehidupan nyata.

Karena salah satu persahabatan ini juga tergantung pada diri sendiri karena ini juga mengasumsikan persahabatan sejati adalah salah satu hal yang paling penting bagi kehidupan kita, Jika Anda tidak punya teman, maka lebih baik sama seperti pohon di tengah gurun pasir.

Cerpen Pendek

contoh cerpen singkat
caragigih.id

Berikut ini adalah contoh cerpen singkat, dari persahabatan terbaru, yang diambil dari beberapa teman baik yang hobi dalam membuat cerita pendek yang telah terbit, yang keseluruhan ceritanya singkat saya ambil dari internet. lihat contoh cerita pendek persahabatan di bawah ini.

Contoh Cerpen Persahabatan 

Sobat Terhebatku

Persahabatan bukan hanya sebuah kata,,
tertulis di selembar kertas yang tidak berarti,
tapi persahabatan adalah ikatan suci,
yang tertulis di dua hati,
ditulis bersama dengan tinta cinta,
dan akan dibuang sementara bersamaan dengan tetes darah dan mungkin hidup.

Roy. disini geh cepetan, aku punya sesuatu untukmuni, panggil Boy pada waktu sore.
Yoi yo, sedikit sabar ngapa lah? Kau tahu aku tidak bisa melihat  , jawab seorang gadis bernama Roy dari balik pintu.

Roy Wati, itulah nama gadis itu, meski terlahir dengan keterbatasan fisik, dia tidak pernah mengeluh dari semangatnya dan moto untuk mengejar hidup tidak pernah padam pada dirinya.

Terlahir bersama kondisi buta, tidak mengecilkan hati, matanya tidak secara fisik bisa melihat warna dunia, tapi mata jantung bisa melihat jauh ke dalam kehidupan seseorang, sejak kecil dengan seiring keterbatasannya, Roy selalu mengasah bakatnya tanpa pernah menyerah.

Duduk di bangku kelas XII di sebuah Sekolah Luar Biasa di kotanya, Roy Wati, tidak pernah ketinggalan pangkat bagus di kelasnya, apalagi gurunya termotivasi, seiring dengan sikap Roy yang pantang menyerah yang ia tunjukkan.

Sejak umur 5 tahun, Roy bersahabat baik dengan tetangganya, Boy Sera, dia adalah seorang putri seorang direktur bank swasta. Boy pintar dan fisik terlihat sempurna, membuatnya terlihat cantik.

Sore ini, Boy Sera sudah bertengger di kediaman Roy. Dia mengobrol dengan Boy, sambil menemani Roy melukis pemandangan. Contoh cerpen singkat.

Lukisan yang sangat bagus, mau pergi ke pameran tunggal ya, cocok sekali itu Roy biar setiap orang tahu bakat engkau sebenarnya, kata Boy yang saling terhubung di sampingnya.

Hah, katanya pelan, Jika bisa melakukannya, saya akan melakukannya, tapi apa, fisik saya tidak sempurna, jika saya mendapatkan donor kornea, dan saya dapat melihat, mungkin saya bisa dan akan pergi ke pameran lukisan, ucap kata Roy.

Suatu hari Allah akan memberimu anugerah, entah nanti seseorang akan menyumbangkan korneanya kepadamu, kata Boy akhirnya mengutarakan isi hatinya.

Secara fisik berbeda, tidak ada hambatan dalam hubungan persahabatan antara Boy dan Roy, kemanapun Roy pergi, dia selalu mengajak Boy, jika sekolah tentu saja mereka tidak sama, karena sekolah keduanya berbeda.

Terlihat asik-asiknya dua teman akrab itu bercanda tiba-tiba Roy mengeluh,
Aduuh, pusing
Kamu kenapa sakit ??” Boy bertanya.
Oh, saya hanya merasa sedikit pusing, kata Roy sambil tersenyum.
Minum obat ya Roy, saya tidak ingin dirimu kenapa-kenapa, nada bilang yang terdengar sangat khawatir dari Boy.
Ijinkan saya pulang dulu ya Boy, sayaa ingin minum obat,” kata Roy saat dia mengucapkan selamat tinggal di rumah Boy.

Diruangannya yang nuansanya elegan, warna terang yang banyak mendominasi di setiap sudut ruangan, Roy berbaring lemas di tempat tidurnya,

Ya Tuhan, berapa lama umurku ini? Berapa lama malaikatmu akan menjemputku roh,ku? Roy ucap dengan sedikit mengerang.

Ketika ia sudah di putuskan menderita leukemia sejak 7 bulan ke depan, kata dokter umurnya tidak akan lama lagi, tapi hanya Allah semata yang tau itu semuah. Contoh cerpen singkat.

Sekian.

Cerpen Singkat Persahabatan

contoh cerpen singkat
CARAGIGIH.ID

Cerpen Persahabatan Singkat

Ada sebuah cerita, pada suatu sore yang sangat menarik di persimpangan jalan raya ada sebuah kota besar. Bahkan ada anak laki-laki yang sedang menyetir, lalu ia melihat lampu di persimpangan jalan setelah berubah dari kuning ke warna merah.

Alih-alih dia memperlambat laju mobilnya, ketika ia ingin menginjak gas, dia tahu bahwa ada lampu merah di persimpangan jalan, yang terkadang itu menyala cukup lama.

Keengganannya akan menunggu membuat ia putus asa maka diapun gasdor dan menerobos lampu lalu lintas.

Nah setelah dia melakukan pelanggaran dia akan segera menuai reaksi dan mendengar dari suara peluit tidak jelas dari mana arahnya namun cukup nyaring di telinga.

Priiiiiiitttt, seorang polisi ternyata melambaikan tangan dan kemudian memaksanya segera berhenti.

Dengan hati-hati dikutuk karena jengkel, maka anak laki-laki tersebut menarik mundur kendaraannya, dari kaca spion terlihat, dia akan memperhatikan polisi. Saat dilihat ia kaget lalu menebak-nebak.

Loh, itu bukannya Bretpit, teman sekolahku yang dulu. Anak laki-laki itu pun lega mengetahuinya, maka dia keluar dari mobilnya dan menyambut Bretpit.

Hai, Bret bagaimana kabarmu sekarang beray? Senang sekali bertemu denganmu lagi, maaf ya gua lagi tergesa-gesa tadi, jadi akunya terpaksa menerobos lampu merah.
Hay juga, ucap kata Bretpit.

Namun dengan memasang wajah cukup serius dan tanpa membuat senyuman akrab di wajahnya.

Saya mengerti dengan baik, tapi saya harus jujur, di sini aku sering memperhatikan kamu, saat itu juga sedang melanggar lampu merah di persimpangan itu lagi.

Anak itu terlihat memasang wajah yang kurang bahagia. Lebih baik tolong tunjukkan sim kamu mana?

Ekspresi wajah yang kasar, Kemudian anak itu memberikan surat izin mengemudi (sim) kepada Bretpit, Anak itu lalu masuk ke mobilnya sambil membanting pintu. Dengan memancarkan sudut kesal di matanya,

Anak itu juga ingin memperhatikan Bretpit menulis pelanggaranya, hatinya jengkel, bahkan ia mengingat tingkah laku terhadap teman lamanya, karena ada perasaan yang kurang simpatik yang Bretpit lakukan.

Segera Bretpid datang ke mobil Anak tersebut. anak itu mengambil kertas kliping dan melemparkannya ke atas dasbor mobil. Bretpit tertegun saat melihat tingkah laku terhadap teman lamanya itu.

Kemudia anak itu meninggalkan dan melanjutkan perjalanan, ketika sampai di tempat tujuan, sebelum turun dari mobil, Anak itu mengambil kertas dari Bretpit, segera stelah itu ia membaca isi surat Bretpit.

Temanku kemungkinan hatimu masih kesal terhadapku, tapi disini aku ingin berbagi cerita untukmu. Saat saya masih memiliki seorang anak laki-laki.

Sayangnya dia telah meninggal, ditabrak oleh seorang pria yang mengemudi mobil dengan cepat, hingga dia lalu menerobos masuk lampu merah.

Nah setelah itu pria itu akan dipenjara hanya untuk beberapa bulan saja dan kemudian, setelah itu masa hukumannya akan berakhir, dia akan bisa bertemu dan memeluk anaknya lagi.

Sementara itu, diriku sendiri satu-satunya anak saya yang kumiliki, telah hilang dari dunia selamanya.

Kemungkinan besar Anda akan bisa berpikir, karena pelanggaran lalu lintas sebagai hal yang sangat sepele. Tapi bagi kita jenis pelanggaran seperti ini adalah hal besar yang mempengaruhi sisa hidup seseorang kelak.

Dan saya harap dirimu harus berhati-hati dalam melakukan perjalanan dengan mobil. Mudah-mudahan dirimu juga bisa selalu sampai di tempat tujuan dengan slamat dan aman, salam, Bretpit.

Anak laki-laki itu tertegun. Matanya terlihat berkaca-kaca, dan memiliki rasa sedih akan menyesal disana. Ketika itu ia berjanji di dalam hatinya untuk ketemu dan meminta maaf dengan Bretpit dan pada saat itu ia akan berhati-hati dalam melakukan perjalanan kedepan nantinya.

Karena hal ini adalah salah satu yang sering disengaja dalam berkendara, dengan cara yang merugikan orang lain. Karena saat itulah jika kecelakaan terjadi, yang tertinggal hanya dalam  penyesalan dan kesedihan.

Marilah bersama-sama meningkatkan kewaspadaan kita terhadap diri kita sendiri dan lebih berhati-hati dalam berperilaku pada orang lain, ini hanya untuk menghargai dalam kehidupan kita sendiri dan orang lain.

Contoh Cerpen Sahabat

contoh cerpen singkat
caragigih.id

Aku Ronaldo dan Naruto

Memang persahabatan adalah hal yang penuh warna dan bisa membuat hidup kita begitu bermakna. Itulah yang saya alami saat mengetahui Ronal dan Naruto, dua teman yang selalu mencetak setengah cerita perjalanan dalam kehidupanku.

Pertama kali, aku, Ronal dan Naruto bertemu saat kami kembali dalam mendaftar SMA. Selama waktu itu, kami secara bersamaan mendaftar dan diterima di salah satu sekolah umum, yang cukup populer.

Sampai akhirnya tiga tahun berlalu, sepertinya kita tidak terpisahkan. Ada banyak kegembiraan dan kesedihan yang kita rasakan, banyak hal yang kita alami, benci, marah, dendam, kerinduan, cemburu dan banyak lainnya yang tak terungkapkan.

Sekarang kita sudah lulus SMA, terpaksa berpisah dan terus hidup dengan masing-masing jalannya, meski begitu, persahabatan akan selalu ada, kita akan selalu dekat dengan kenangan akan persahabatan kita dan selalu menghiasi hidupku.

Aku pasti tidak akan melupakan semua kenangan bersama mereka, saat bersama dan saat kita bertemu satu sama lainnya untuk kali pertama di hidup kami.

“Hai, Gigih” sapa mereka padaku

“Hai, aku Ronaldo dan ini temanku Naruto

“Um, hay kalian, sapaku

“Ya, kamu, kesini kemari gabung dengan kami

“Oew baik aku datang

Kesan pertama yang saya tahu tentang mereka adalah sosok berbeda dengan anak-anak lain. mereka berdua memang seperti apa adanya, namun luarbiasah.

Mereka bahkan tidak menyembunyikan segala sesuatu yang ada dalam pikirannya., yaitu sifat yang blak blakan sampai temanku terbiasah tersinggung dengan apa yang dia katakan.

Gih..

Apa apa to?

Hei …

Sudah berapa kali kau, aku kan sudah bilang jangan panggil aku menggunakan singkatan to jasa, panggil aku Naruto.

Ya Naruto, ada apa yang terjadi ?

Besok saya ingin pesta dan saya ingin membuat pertunjukan kecil, jadi saya harap dirimu bersama Ronaldo hadir,

Wah, kalau seperti itu masalahnya, gimana lagi pasti aku ikuti, terus sekarang dimana Ronal nih.

Dia sekarang di perpustakaan, ayao kita berangkat ke dia.

Hei, tumben akrab, biasanya seperti banteng dan badak, bukan malah bagus sekali toh

Lon kurang ajar kamu …. Masak sekereng ini kamu panggil badak sama banteng.

Memang dasar kamu Monyet, Ron.

WK..WK..WK.. Ahaha

Lucu, dan anehnya perilaku temanku Naruto dan Ronal, dasar sampai sekarang saya masih selalu menertawakan diri sendiri saat mengingat kembali kisah lucu di mereka berdua.

Mereka benar-benar teman yang baik padahal, pasti ada sesuatu yang mereka saling untuk  bahan ejek-mengejek.

Suatu hari pernah kejadian Naruto benar-benar terganggu oleh prilaku Ronal.

Ron, sapa Naruto memanggil, lalu kemudiaan mengobrol bersama. sambil melihat wanita manis lewat,

Hay, Naruto langsung menyapa, tapi malah dicuekkan wanita tersebut.

Wuiiih, sombong juga dia, lanjut kata Ronaldo.

Itu tidak etis langsung, balasku ke Ronal.

Apa-apaan kamu ini Gih, kata Ronal padaku.

Ronal pun berdiri,,

Tiba-tiba Naruto langsung memegangi celana zipper Ronal, pada akhirnya Ronal celanannya melorot dan mukanya marah..

Hwahaha, teriak tawa dari Naruto.

Hahahaaaa, ayo kita lari Gih. teriak Naruto mengajakku pergi.

Bukan hanya kejadian kecil seperti itu, ada kejadian lain yang tak bisa saya lupakan. Memang, beberapa hal yang saya ingat adalah kejadian antarakami bertiga, membuat kejadian lucu antara saya dan dan mereka.

Tidak kenapa yang aslinya sering antara kita bertiga yang dibuli adalah Naruto malah, malah hampir setiap hari aku dan Ronal selalu memperlakukan dia.

Entahlah, terkadang aku heran kenapa juga, haha.

Demikian, cerita persahabatan kita. Kisah persahabatan memanglah sangat indah dan tidak akan terlupakan. Contoh cerpen singkat.

Sekian

Cerita Romantis 

contoh cerpen singkat
caragigih.id

Kisahku Denganmu di Sragen

Berawal ketika aku sedang mencari ilmu kuliah sekaligus pelatihan, di salah satu kota Jawa Tengah yang bernama kota Sragen, waktu itu aku tak sendiri bersama teman-temanku yang lainnya kami semuah bertempat tinggal di asrama Desa Jatirejo.

Saat aku pertama kali datang ke desa tersebut, desanya sangat asri dan masih seperti kampung alami rasanya, menyenangkan dan penuh dengan kesan, hingga tak terasa satu bulan aku dan yang lain di sana.

Aku pun rasanya ingin mencoba berkenalan dengan penduduk desa Kampung Jatirejo tersebut, terasa sekali ketika aku berkenalan, orang-orang di desa tersebut sangatlah ramah-ramah.

Terhadap orang asing yang ingin berkenalan dengan mereka sangat terbuka, banyak di dalam desa tersebut terdapat orang-orang tua, bahkan aku tak banyak menjumpai anak muda di dalam desa tersebut.

Entah kenapa, aku pikir rasanya desa ini bagiku sangat beda dengan desa-desa yang biasa aku pernah tinggal, entah itu di Jawa Barat ataupun di Jawa Timur.

Hingga hari makinberselang kami disana bertepatan dengan perayaan 17 Agustus, dari penduduk desa akhirnya mengadakan suatu kegiatan bersama malam hari di tengah-tengah Desa, untuk merayakan sekaligus merencanakan lomba.

Waktu itu bersama teman-teman lain yang sedang mengikuti acara, tentu kami fokus mendengarkan apa yang karangtaruna, kepala desa ataupun RW RT sedang bicarakan, namun di sudut pandangan yang lain dari ku aku melihat seorang anak perempuan.

Entah dari jarakku waktu itu itu aku hanya bisa melihat dia sosok perempuan yang memakai kacamata, pandangan wajahnya terlihat tersirat, yang jelas waktu itu aku tak tahu siapa dia, tapi aku bisa melihat bahasa wajahnya.

Merasakan apa yang ada di dalam pikiranya, tapi yang aku rasakan itu juga belumlah pasti, anggapan itu bisa aku tebak karena aku pernah belajar pisikologi manusia.

Akhirnya acara malam hari itu selesai di jalan sambil berjalan, aku berpikir siapakah dia orang yang membuat diriku merasa ingin tahu lebih dalam akan dirinya, soalnya tidak biasa aku buang-buang waktu untuk memikirkan perempuan tadi.

Karena aku anggap wanita yang biasa aku kenal selalulah biasa itu-itu saja model hidupnya, banyak gaya dan malah cenderung aneh-aneh juga. disinilah tak lama aku memikirkannya akupun mulai seperti hari-hari biasanya.

Mulai acuh saja karena bagiku kan nanti entah kapan juga aku punya istri buat apa aku memikirkaan perempuan yang tidak jelas calonku dan tidak aku kenal, akhirnya lama waktu berlalu aku mulai lupakan kejadian itu.

Kegiatan demi kegiatan kuliah selalu aku berusaha lalui dengan sungguh-sungguh, bersamakan teman-teman yang lain, tetaplah masuk kuliah, biasa menyirami tanaman dan memberi makan hewan hewan yang ada di sekitar asrama berapa

Siangnya sampai sore kami melakukan praktek kerja industri dalam bisnis entah merawat ini melakukan itu entah berjualan apapunlah itu yang berhubungan dengan bisnis, makan masak sendiri, tapi ada yang membiayai itu semuah.

Sampai maghrib menyapa kamipun sholat dan selesai itu makan malam yang dilanjut mengaji hingga waktu Isya, kita lanjutkan untuk tolabul ilmi mengaji kitab sampai jam 09.00 malam. selepas  jam 09.00 keatas kita pun dengan tenang baru bisa tidur.

Entah itu masih bercerita bersenggama atau yang piket sedang melakukan tugas piketnya, dan juga ada yang sedang mengerjakan tugas kuliahnya waktu jam 10.00 baru dari kami sudah banyak yang tidur.

Kami bangunnya jam 03.00 lebih untuk melakukan sholat tahajud setelah melakukan shalat tahajud terus lanjut sholat subuh berjamaah, sehabis sholat subuh kami menghafal Al’Quran setelah itu lanjut lagi kami lanjut piket dan begitu seterusnya.

Hari Minggu Ahad pun tidak ada kata libur kegiatan tetap sama seperti itu, sampai akhirnya beberapa bulan aku di situ mulai mencoba untuk berkenalan lagi kerumah tetangga atau ke tempat orang lain mkelepas penat.

Entah itu bertemu dari orang tua hingga anak kecil di desa tersebut, aku berkenalan dengan anak kecil SD SMP lumayan banyak saya berkenalan, setelah berbincang dan bercanda menggunakan bahasa mereka. Contoh cerpen singkat.

Cerpen Romantis 

contoh cerpen singkat
caragigih.id

Aku pun rasa cukupkan dan pulang ke asrama, menjelang malam harinya kita bertepatan ada acara pengajian di salah satu mushola, Bpk Slamet teman dari Ustad kepala asramaku, malam itu kami seperti mengaji.

Layaknya mendengar kajian dan ceramah dilanjut membaca al-quran bersama-sama dengan diakhiri makan bersama ketika hendak makan. Mbah Slamet panggilku, menyuruhku untuk mengambilkan hidangan di dalam dapur.

Ketika aku ingin menuju dapur aku tak sengaja bersimpangan dengan seorang perempuan yang aku tak tahu siapa dia, jadi aku pun juga cuek saja hingga acara selesai, malah dari teman-temanku yang nyaut.

Tak terasa acara selesai, kami yang diundang berpamitan pulang ke asrama lagi, tak tau esokkan harinya datanglah temanku yang aku kenal anak kecil SD menghampiriku di asramah.

Seraya berkata Hai Mas Ronald, kata salah satu anak yang bernama Satria, aku mau mengasihimu nomor HP guru ngajiku, hehe dasar anak-anak ini, aku hanya tertawa kecil saja hmm, gak usah buat apa?

Anak itu pun berkata dia itu orang baik cantik dan pokoknya cocok jika bersama dengan mas Ronald,

Ah masak, kalian ngawur emang siapa guru kalian itu, kataku!

Itu mas yang rumahnya di samping mushola,

Dalam hati aku berpikir, jangan-jangan apa dia orang yang berpapasan tadi malam denganku, ah pikirku aku hanya ngawur mungkin.

Tapi setelah aku tanya ke anak tadi

Apa dia pakai kacamata dan tinggi?, dia menjawab

Ya itu Guru cantikku mas!

Ooh, iya aku tahu, tapi tak usahlah nanti buat apa nomor dia, kataku,

Mending sekarang kamu ikut aku nonton film Naruto di laptop sajalah ayo,

Sambil aku mengajaknya melihat film Naruto teman-temanku yang lain bertanya,

Siapa anak ini ?

Anak desa sini kenalanku, jawabku,

Teman-temanku yang lain mulai jahil becanda kepadanya,

Hey kamu siapa namamu?

Satria, mas

Oh apa kamu ke sini mau melihat film doang

Nggak Mas saya mau,,

Langsung Aku tutup mulutnya dan suruh berhenti berbicara, soalnya bahaya jika teman-teman yang lain tahu pasti mereka mau mengambil nomornya dan mengganggunya.

Sampai disitu, Satria berpamitan untuk pulang.

Kata teman-temanku yang lain, berkata itu bukannya anak guru ngaji yang di mushola itu ya?

Ya, kataku

Oh ya muridnya Mbah Slamet

Iya, kataku, biarkan jangan diganggu, kalau mereka mau kesini lagi, kalau kalian mau bercanda, bercanda yang baik saja, ucapku pada teman-teman.

Pada malam hari sebelum aku tidur aku mulai memikirkan perkataan Satria kepadaku, siapa ya dia?aku mula-mula teringat sosok perempuan yang yang waktu acara 17 Agustus malam itu, perempuan itu apa juga yang dimakasud guru dia?

Aku berpikir coba mengingat-ingat lagi. Oh iya mungkin ternyata dia, esok harinya anak bernama Satria itu datang lagi ke asrama menemuiku dan mengajakku bermain, kebetulan waktu itu sedang free, aku bermainlah dengan mereka.

Setelah bermain aku coba menanyakan hal, berkaitan dengan guru ngaji dia Satria apa gurumu itu orang yang baik dan sholehah?

Ya mas, ucapnya dia juga pintar, dia juga sering mendapat nilai yang bagus, dia pintar berbahasa Inggris juga mas, kemarin waktu aku bermain ke rumahnya aku lihat juga suka film kartun, kayak Naruto dll.

Dari yang dijelaskan dirinya, dia terlihat sosok perempuan yang baik, aku semakin penasaran memang benar, dari dulu aku ingin sekali mempunyai teman atau seseorang yang seperti itu Soleh baik-baik pintar dan hobi yang sama. Contoh cerpen singkat.

Cerpen Cinta

contoh cerpen singkat
caragigih.id

Akhirnya mengejar rasa penasaranku, aku putuskan untuk melihatnya nanti, salah apa benar dia orang yang dimaksud itu sama dengan yang dikatakan Satria, Sore menjelang jam 5, aku menaiki sepeda motor dengan temanku berdua

Sambil melihat-lihat, apa benar waktu aku lihat dia orang yang sama dengan waktu malam pengajian itu,

Tak usah susah-susah menengok, akhirnya aku lihat dia begitu ternyata sosok yang mempesono, dengan kerudungnya, adem di hati lagi, saat aku melihat dia mengajar ngaji, cukuplah itu bagiku.

Aku kembali ke asrama lagi, temanku yang aku bonceng seraya naik sepedah ia berkata, Hei siapa dia Ron?

Setelah itu, aku kembali ke asrama lagi temanku yang aku bonceng seraya berkata. Hei siapa yang mengajar ngaji tadi, mau apa kamu?

Wah kebetulan sekali, itu pasti gurunya Satria anak yang kau kenal itu,

Hmm aku minta kenal dia sajalah,

Dalam hatiku apa yang akan terjadi akhirnya terjadi, dari belasan temanku yang ku kenal, ada tiga orang, emang meraka itu ingin menikah atau hanya gila semata.

Hingga yang di harapkan temanku itu datang, setelah ngaji datanglah, Satria ke asrama dengan spontan temanku yang mengetahui memanggil,

Hai-hai, sini aku ingin bertanya padamu. Apa kau punya guru ngaji yang cantik dia namanya siapa dan apakah boleh aku mengenalnya,

Itu namanya, mbak Xena mas,

Aku mau nomer hp,nya apa kamu punya, ucap salah satu temanku,

Hmm dari belasan temanku di asrama, hanya tiga orang itu saja yang eror bagiku, selebihnya yang lain, sholeh pandai dan normal saja,

Akupun berpikir model 3 orang kayak gini ni, sosok-sosok pria yang telah merusak nama baik pria di hadapan para wanita di masa depan,

Tapi yang aku harap selalu, Allah jelas tau, akan jalan terbaik setiap hambanya, akhirnya niatan mereka yang gak jelas maksudnya itu, di cuekkan Xena, dengan dewasa ia menyikapi teman-temanku.

Hehe dari situlah aku mulai merasa kasian kalo dia terus di gak jelasin sama, 3 orang itu, teman-teman yang lainpun yang bijak mulai, menyindir-nyindir juga 3 orang itu, untuk jangan mengganggu wanita  itu,

Ya benar kalau seperti ini maksud kalian bertiga mendingan jangan ganggu dia, dia anak yang baik, tak pantas kalian seperti ini, dasar laki-laki, gk jelas, ucapku membuat mereka lesu, dan akhirnya mereka tidak mengulangi perbuatannya lagi.

Namun ketika aku mulai membelanya disitulah muncul rasa yang aneh dalam, hatiku apa rasa ini ya? aku terus memikirkanya dari situlah aku mengerti bahwa itulah namanya, rasa suka.

Sebelum rasa ini semakin besar, aku putuskan saja untuk berpikir, apa dia orang yang berhak aku perjuangkan untuk masa depanku, mengingat, dia sholeha, pintar hoby yang sama, dewasa dan baik.

Ya, aku putuskan dialah orangnya, aku mulai berdoa untuk bisa dipertemukan dengan dia, sampai suatu hari aku putuskan untuk menjumpainnya, dengan ditemani adiknya dan orang lain disekitar kami, seraya berkata,

Aku suka padamu maukah kamu menjadi, ta,arufku, Dia tertegun dan dalam penantian itu dia menjawab, ya aku mau, tapi aku mau menyelesaikan sekolahku terlebih dahulu

Selanjutnnya aku berkomitmen, aku akan menunggunya hingga dia lulus sekolah, mungkin selama 3 tahun lagi, aku tak akan tenang dan tak kan mencari perempuan yang lain, bagiku menunggunya sudahlah cukup,

Lalu aku berkata padanya, Xen jika suatu saat nanti kamu bertemu seseorang yang menurutmu lebih baik dariku, dan kamu suka dengan orang itu, tidak apa-apa kamu denganya, tapi jika kamu belum ada pendamping, maka waktu itulah,

Aku akan datang ke keluargamu menghampiri dan melamarmu menjadi istriku,

Sambil aku menunggu masa iya atau tidak itu datang, aku sekarang sedang mengasah diriku, memcari ilmu bisnis dan memantaskan diri, untuk menemani hidupmu nanti…

Sekian.

Demikian kisah cerita diriku saat di Sragen, ini mungkin terlihat tak begitu jelas hub apa aku dengannya tapi yang pasti jika aku nanti bisa bersamamu, aku akan mengajakmu menuju kebagian dunia dan akhirat bersama-sama. Contoh cerpen singkat.

Cerpen Singkat 

Contoh cerpen singkat,
CARAGIGIH.ID

Pengusaha Muda Tanpa Modal yang Berhasil

Kerja keras, cara berpikir dan ketekunan lalu yang terpenting do,a, penuh pasrah ke Allah adalah kunci kesuksesan dia. Itulah ucapan mas Rakasa, kepada karyawannya saat diwawancarai tentang kesuksesannya. Pemuda berusia 20 tahun itu bercerita pada awal memulai karir bisnisnya.

“Setelah lulus SMP, saya masuk SMK Sultan Agung, Tebuireng, jurusan Otomotif.

“Loh, itukan sekolah menjadi mekanik? Tanya Agus salah satu karyawannya.

“Ya kamu benar tapi, ini sudah takdir Allah bagi tiap-tiap umatnya, kita tidak tau apa yang akan terjadi pada diri kita dimasa depan nanti, tapi yang jelas jika kita beriman pada yang menciptakan kita, apapun rencananya dia akan memberikan kita yang yang terbaik.

Karena saya merenungkan dan berdoa, jenis keterampilan apa yang bisa saya gunakan untuk memimpin keluarga dan teman-teman saya di masa depan nanti?

Akhirnya setelah lulus SMK, saya memutuskan untuk lanjut kuliah disalah satu yayasan MEC di Surabaya, namun, apa yang terjadi di kenyataan tidak seindah yang kubayangkan.

Lulus, dari itu aku tidak memiliki modal merintis industri usaha sendiri. Jadi setelah lulus kuliah, aku pergi mencari ilmu bisnis ke Pesantren Sintesa yang terkenal dengan Adsense dan Bisnis yang luar biasa di Indonesia sekarang ini.

Tanpa teman dan tanpa uang hanya bermodal pengalaman, aku hanya seorang diri mendaftar dan mengikuti tes, pekerjaan di sana.

Sambil aku menunggu hasil tes muncul 5 bulan lagi, aku bekerja di yayasanku tempatku, tetap disana sampai aku, mendapatkan pekerjaan di salah satu Event dan Mall di Surabaya.

Karena selama 5 bulan aku tak ingin menganggur, akhirnya aku mengisi waktu itu untuk mencari kerja dan pengalaman.

di Event itu aku mendapatkan banyak pengalaman berharga. Pengalaman yang lebih penting dan berguna dibanding pelajaran di sekolah, anggapku.

Lalu, mengapa Anda menarik diri dari pekerjaan itu? Tanya Rara, salah satukaryawan lainnya.

Sejak awal, Aku memang punya impian untuk menjadi seorang pekerja, aku hanya ingin mengejar cita-citaku yaitu menjadi pengusaha muda yang sukses, perusahaanku sendiri.

Keinginannya benar-benar tak terbendung lagi dalam jalan pikiranku yang ingin menjadi sosok pemuda yang hebat selama aku masih hidup, aku ingin mewarnai hidupku ini dengan caraku sendiri, mengikuti tauladan nabi besarku.

Saat itu gaji saya perbulan di Ivent hanya seratus ribu, tentu saja tidak cukup juga untuk kehidupan di tahun-tahun selanjutnya.

Namun, dengan jumlah uang itu masihlah pasti cukup untuk bertahan hidup di Surabaya saja. Sejak saat itulah aku yakin” aku harus menjadi pebisnis yang hebat suatu saat nanti.

Dengan modal pelatihan yang cukup dari pekerjaan di Surabaya, dan banyak uang lain aku berikan kepada orangtuaku yang lain di rumah, kemudian waktu itupun aku bertepatan dengan adanya pengumuman kedaanganku di Pesantren.

Awalnya, perjalananku menuju ke Pesantren tidaklah berjalan lancar. Minggu pertama, di pesantren pikiranku sudah dipenuhi dengan bayang-bayang keluarga yang ku tinggal dirumah.

Namun,karena kesabaran dan keiklasan, Ibuku akupun mulai menetapkan hati untuk bersunguh-sungguh dan fokus dalam belajarku ini.

Karena itulah mulai dari situ aku membangun bisnisku sendiri . Hingga saat ini, aku memilih berbisnis dan bermain Adsense, termasuk bisnis-bisnis online yang lainnya. Hingga pikiranku sudah tidak memadai lagi berpikir bisnis yang lainnya.

Karena itulah, aku meminta tolong, siapapun teman-temanku yang lain untuk membantuku, meneruskan dan membangun bisnis itu bersama-sama.

“Jadi, semua ini hasil dari pembelajaran bisnis Anda Sir?

“Benar! tapi dengan ketetapan sang pencipta, Allah Rab kita, semua ini karena kesungguhan dan kerja keras kita dalam membangun bisnis.

“Lalu kenapa bisnis Anda di namai CARAGIGIH ini ?”

“Caragigih berarti saya berarti saya berjuang dengan cara yang gigih, dengan meminta bantuan dari Allah agar di berkahi, ples meminta restu dari orang tua, supaya kelak, PT CaraGigih ini bisa terus berkah sampai akhir hayat nanti, kata Rakasa mengakhiri ceritanya. 

Kumpulan Cerpen

Contoh cerpen singkat,
infoana.com

Sensei Minato

Disebuah desa Konoha, ada seorang sensei muda yang cerdas bernama Minato, dari tujuan dia menjadi guru ia sangat ingin membentuk muridnya menjadi orang yang hebat dan disiplin dalam berpendidikan.

Pada tatap muka pertama, Guru Minato mulai berkenalan dan menyampaikan sejumlah peraturan disiplin mahasiswa.

Hay anak-anak, sangat senang rasanya saya bisa mendidik Anda semuah di sini. Semoga, kita berdua bisa menjalankan kegiatan belajar mengajar dengan baik.

Oleh karena itu, mulai sekarang di usahakan tidak ada yang terlambat. Saya juga tidak ingin kelas dalam keadaan kacau, dan Anda harus merapikan rambut dan kuku juga senjata tajam kalian.

Jangan sampai rambut dan kuku ada yang sangat panjang+jangan juga bawa senjata ke sekolah ya.

Besok hari selanjutnya saya akan cek satu per satu “OK.

Besoknya, Minato hadir pagi-pagi sekali. Dia ingin mengamati perubahan muridnya apakah mengikuti perintahnya. Akhirnya anak-anak hadir pada waktu yang tepat, perasaan Guru Minato ini senang, muridnya yang patuh dan hebat,” katanya ke depan murid-muridnya.

Mata Guru Minato, terus menatap rambut dan kuku siswa, dan sekali lagi dia bahagia, karena para murid mematuhi perintahnya. Dia membayangkan betapa baiknya mengajar anak-anak yang mau mendengarkan kata-katanya,

“Anak-anak yang hebat kalian, katanya.

Kemudian penglihatan Guru berubah kearah senjata disamping tas muridnya. Ia terkejut ada 100% siswa yang tetap membawa senjata. Wajahnya berkedut, kesal yang keluar dari tatapannya.

Murid-murid saya, Anda tidak mendengarkan apa yang Anda katakan kemarin, bukan?”
Ya, pak” anak-anak menjawab serentak bersama.
Apa itu?”

Anda bilang kita harus belajar disiplin, datang tepat waktu. Berpakaian baik dan sopan, rapi serta memotong kuku dengan rapi. Jawab para siswa.

Saya senang, Anda telah mau memperhatikan kerapian, juga hadir tepat waktu, dan sudah ada potongan rambut, tapi mengapa kalian membawa senjata juga? Mengapa Anda belum patuhi semuahnya?”

Salah satu siswa di bangku depan lalu mengangkat jari telunjuknya seraya berkata, jika saya diizinkan untuk mewakili teman-teman saya, kami semua besok lagi bersedia, mau mematuhi Guru, dan tiba tepat waktu, memotong rambut dan kuku.

Tapi yang terakhir kami tidak bisa lakukan adalah Guru. Kami semua adalah anak ninja, di luar sekolah, kami bisa bertemu dengan orang jaha, orang tua kami, akhirnya memberikan senjata untuk berjaga-jaga.

Jika kita membawa senjata kita, maka kita bisa bahaya nanti pak “Sang Guru Muda terkejut, kata-kata yang baru saja didengarnya membangkitkannya dan merenung pahinya dunia ninja ini menjadi hal yang memang mengancam.

Melakukan tugas profesi guru ninja bukanlah sesuatu yang gampang. Guru bukanlah sosok pematung yang dengan mudah mengukir kayu menjadi karya yang indah.

Guru ninja ini juga bukan juga sosok yang kuat jika bermasalah dengan hal seperti ini, dia rapuh akan hal yang sudah semacam ini.

Untuk menjalankan profesinya, Guru Minato tidak lagi menghadapi hal-hal kosong yang menguasainya sesuka hati. Tapi yang dia hadapi adalah anak manusia yang memiliki perasaan, emosi, ketakutan dan pengalaman dari dunia yang kejam ini.

Jadi, selain itu dia benar ahli dalam penguasaan belajar dan cekatan berkomunikasi. Guru harus memiliki kepekaan sosial terhadap apa yang dialami siswa.

Bisa diluar sekolah, terkadang hal itu tidak sesuai dengan teori yang dipelajari saat “belajar di akademi”. Dalam keadaan seperti itu, Minato haruslah bisa meninggalkan peraturan dan bertindak dengan metode sesuai situasi.

Inilah makna akan kebijakan guru, kapasitas dan pembelajaran yang dapat menimbang antara ikut prinsip umum atau mengalah untuk kondisi keadaan di luar sana yang tidak sesuai.

Seorang guru harus tahu, jika di dunia ini ada banyak cara untuk mencapai ilmu dan tujuan.

Banyak pemahaman berubah, di tempat dan kondisi yang tidak sama. Terapkan sistem pemaksaan pada para murid, lalu menyuruh berpikir dengan pola yang hanya akan membatasi masa depan dan kreativitas dalam menerima pembelajaran.

Kebalikan dari prinsip tentang pengetahuan, pendidikan sepanjang waktu pastilah semakin meningkat dan membaik. Contoh cerpen singkat.

Sekian..

Cerpen Bahasa Indonesia

Contoh cerpen singkat,
infoana.com

Perjalanan Hidup 

Ufuk timur matahari yang terlihat belum mulai terlihat. Karena salah satu udara di pagi hari terasa sangat dingin. Alam juga terlihat masih diselimuti embun pagi.

“Kalau begitu ada seorang anak mengayunkan sepedanya saat berada di tengah jalan yang masih kosong. Kalau kita tebak siapa anak ini? Ternyata dia adalah salah satu penjual koran, dan siapa yang bernama fatur.

Baca Juga Kata-kata Kehidupan, Islami, Cinta, Mutiara dan Lucu
Ketika sudah hampir pukul lima pagi, dia tiba di kantor agen koran dan ada beberapa penerbit surat kabar lainnya.

“Ambil berapa banyak ikhsan?” Lalu tanya Bang Sabrin, “dan dia menjawab.” Dengan jawaban ikhsan. Bang Sabrin Saya akan bawa ke sana sejumlah surat kabar dan majalah yang akan kami bawa bersama ihksan hanya dengan langganannya. maka dia akan selesai, maka dia akan pergi.

Suatu hari dia akan mendatangi pelanggannya yang sangat setia. Dari satu rumah ke rumah yang lain dengan yang lain. Itu sama dengan karya ikhsan setiap hari.

Dia juga akan mengirimkan surat kabar ke pelanggannya. Bahkan ini semua yang dia lakukan hanya dengan bahagia, bahagia, tulus dan penuh kasih serta bertanggung jawab.

Setelah itu saat ikhsan mengacu pada sepedanya, maka ia akan terkejut dengan sebuah objek. Dan itu adalah salah satu dari paket plastik hitam itu.

Lalu ikhsan menjadi gemetar tingkat tinggi. Setelah itu dia tanya apa itu? Dia sangat ragu dan dia tampak ketakutan, karena baru belakangan ini ada ledakan bom yang ada dimana.

Ikhsan sangat mengkhawatirkannya dengan salah satu paket bom tersebut. Tapi pada akhirnya, dia akan mencoba membuka paketnya. Maka terlihat sangat terlihat dalam paket ada kotak kardus.

“Nah, apa yang ada di dalamnya, ada apa di dalamnya?” Lalu dia merenung di dalam hatinya. Ikhsan akan cepat membuka paketnya dengan cermat. Ia juga sangat terkejut, karena yang terkandung di dalamnya ada kalung emas dan perhiasan lainnya yang cukup banyak.

“Apa ini?” Dia bertanya tanpa suara. “Menurut Anda siapa ini?” Ikhsan akan membolak-balik cincin dan kalung yang ada di kartonnya.

Dia mulai terjebak lagi hanya ada kartu kredit yang ada di dalamnya. “Kenapa Pak Edison ini Tuan Edison yang malang ya, ternyata dia sudah dicuri,” gumamnya pada dirinya sendiri.

Apa yang selalu dia pikirkan dengan ikhsan adalah sangat benar. Rumah Tuan Edison memiliki banyak pencuri yang terjadi malam itu. Karena salah satu pencuri sedang terburu-buru, Dan untuk perhiasan yang dia kumpulkan akan jatuh lagi.

Ikhsan segera segera memberitahu Pak Edison. Kemudian dia akan menceritakan apa yang terjadi dan kemudian dia temukan kembali.

Inilah salah satu yang sangat membahagiakan Pak Edison karena perhiasan istrinya kembali lagi. Dia sangat bersyukur, perhiasan itu telah jatuh lagi ke tangan orang yang sangat jujur.

Karena ini akan sangat banyak terima kasih, dan pak edison juga akan memberi modal pada ikhsan dan hanya membuka kios di rumahnya sendiri.

Kini ikhsan tidak lagi mengayuh sepeda setiap hari hanya untuk menjual koran. Dia sudah menunggu pembeli yang datang ke toko.

Jika ada yang mengirim surat kabar atau majalah ke pelanggan mereka, Ikhsan akan diganti dengan saudaranya, dan ini tidak lagi dicurigai,

Sebuah kebetulan karena tidak memiliki pekerjaan lain. Ya ini adalah akhir dari kejujuran yang bisa membawa kebahagiaan dan kehidupan nantinya.

Sekian.

Pengertian Cerpen

Contoh cerpen singkat,
caragigih.id

Singkat cerita pendek persahabatan cerita pendek. Inti ceritanya di sini adalah ceritanya kurang dari 10.000 (sepuluh ribu) kata atau kurang dari 10 (sepuluh) halaman. Contoh cerita pendek dan sederhana hanya untuk satu kesan dan satu suasana saja.

Cerita pendek ada beberapa jenis karya sastra yang menggambarkan cerita atau cerita tentang kehidupan manusia melalui tulisan pendek.

Cerita pendek atau cerpen biasanya disebut artikel fiktif yang mengandung lebih dari satu kehidupan atau peristiwa kehidupan yang diceritakan secara cuma-cuma. Menurut pendapat lebih dari satu pakar short story ini siap ditafsirkan sebagai berikut:

Ciri Ciri Cerpen

cerpen singkat / cerpen pendek

  1. Alur cerita yang lebih pendek berasal dari novel
  2. Sebuah cerita pendek memiliki jumlah kata yang tidak lebih dari 10.000 (10.000) kata
  3. Diambil dari cerita pendek dari kehidupan sehari-hari
  4. Tidak menggambarkan semua cerita karakter, hal ini karena dalam cerpen yang hanya cuman inti saja.
  5. Orang-orang dalam cerita pendek karena masalah atau menyelesaikan konflik sampai pada tahap penyelesaian.
  6. Penggunaan kata-kata sederhana dan juga ekonomis dan ringan diketahui pembaca.
  7. Kesan tertinggal dari sampel cerpen sangat mendalam sehingga pembaca siap berbagi cerita dari cerita.
  8. Hanya satu subjek yang diberi tahu.
  9. Memiliki kronologis satu cerita dan lurus.
  10. Karakterisasi dalam cerita pendek sangat sederhana, tidak dalam dan pendek
  11. Struktur cerita pendek / cerpen / contoh cerpen singkat.

Struktur Cerpen / Cerita Pendek

Contoh cerpen singkat,
caragigih.id

Contoh cerpen / contoh cerpen Romantis / Contoh cerpen singkat

Singkatnya, contoh cerita pendek juga harus sadar akan struktur baru sebuah cerita pendek. Karena struktur cerita pendek itu sendiri terdiri dari.

Abstrak, orientasi, komplikasi, penilaian, resolusi dan kode. Untuk lebih jelasnya, mari membahas contoh cerpen singkat, berikut ini satu per satu:

1. Abstrak

Abstrak adalah ringkasan sebuah cerita. Abstrak adalah inti yang diturunkan dari cerita yang bisa dikembangkan jadi bagian dari rangkaian acara.

Abstrak juga bisa disebut sebagai deskripsi awal dalam cerita. Abstrak yang nyata yang dalam sebuah cerita pendek, kita mungkin tidak menggunakan abstrak.

2. Orientasi

Orientasi adalah hal yang berkaitan dengan suasana, tempat dan waktu yang ada dalam cerita. Tidak lagi terpaku pada satu tempat, atmosfer dan waktu. Karena dalam sebuah cerita terdapat banyak kejadian dan figur yang berbeda.

3. Komplikasi

Komplikasi adalah serangkaian peristiwa terkait yang bertanggung jawab atas kejadian sebuah cerita. Dalam struktur ini Anda bisa memilih karakter atau ciri yang berasal dari karakter cerita. Karakter atau sifat yang berasal dari sosok siap pakai nampaknya rusak oleh kompleksitas masalah yang terlihat.

4. Evaluasi

Evaluasi struktur konflik yang berjalan dalam cerita yang mengarah pada klimaks atau titik puncak dari masalah dan penyelesaiannya.

Struktur ini adalah struktur yang sangat penting. Karena struktur ini sangat menentukan menarik atau bukan sebuah cerita.

Dalam struktur ini penulis bisa melihat konflik yang bisa mebuat hati pembaca terbawa suasana. Begitu pembaca lebih menghargai dan menghidupkan sifat-sifat dalam cerita ini.

5. Resolusi

Resolusi adalah penyelesaian. Metode resolusi sangat dihargai oleh pembaca, sehingga menghasilkan struktur ini penulis menambahkan solusi terhadap masalah karakter atau aktor dalam cerita.

6. Koda

Koda adalah apa yang bisa ditarik dari sebuah cerita. Koda adalah kebijaksanaan yang terkandung dalam cerita. Vokal ini jelas merupakan pembaca semua cerita dalam cerita pendek yang datang dari awal sampai ahir berasal dari cerita.

Koda siap untuk bentuk nasehat, pelajaran dan lomba bagi pembacanya. Contoh cerpen singkat.

Unsur Instrinsik dan Ekstrinsik dari Cerita Pendek

Contoh cerpen singkat,
caragigih.id

Cerita pendek / Contoh cerpen / contoh cerpen persahabatan

Unsur intinsik dan elemen ekstrinsik dari cerita pendek adalah unsur-unsur yang terbentuk di luar cerita pendek itu sendiri (sebuah elemen di luar karya sastra).

Unsur-unsur ekstrinsik yang berasal dari cerita pendek tidak dapat dipisahkan dari suasana masyarakat saat dimana cerpen dibuat oleh penulis.

Unsur ini memiliki banyak dampak pada penyajian pesan atau back dari contoh cerita pendek itu sendiri. Berikut adalah beberapa elemen intrinsik dan elemen ekstrinsik dari cerita pendek yang berasal dari cerita pendek atau Contoh cerpen singkat:

Unsur Intrinsik Singkat

  1. Yang pertama berasal dari yang salah yang berasal dari tema ini, tidak benar salah satu berasal dari inspirasi dasar yang mendasarinya dalam sebuah cerita dalam pembahasan cerpen.
  2. Kedua tidak benar berasal dari kronologis atau plot, berasal dari jalan menuju cerita dalam cerita pendek.
  3. Ketiga dalam setting implementasi, hampir mirip dengan tempat, suasananya, dan waktu yang sudah tengah berlangsung dalam melakukan sebuah cerpen.
  4. Keempat salah, yang berasal dari karakterisasi, bisa memberi karakter atau karakter lain pada karakter dalam cerita yang ada di dalamnya.
  5. Kelima tidak benar berasal dari sudut pandang ini, perspektifnya hanya untuk menebus saat menyaksikan kejadian yang ada dalam cerita.

Unsur Ekstrinsik Cerpen

  1. Pertama tidak benar berasal dari latar belakang yang berasal dari masyarakat, ini benar-benar berpengaruh bila kondisinya berasal dari latar belakang masyarakat yang baru terbentuk di alur cerita.
  2. Kedua hal itu tidak benar berasal dari latar belakang penulis, tersedia penghitungan yang mencakup untuk memahami dengan penulis tentang kejadian hidupnya atau kejadian yang bisa sukses dengan esai sebelumnya.

Demikian tadi adalah beberapa contoh yang terkait dengan contoh cerpen singkat, diskusi tentang cerita pendek, unsur intrinsik dan ekstrinsik dari cerita pendek.

Terkait contoh cerpen persahabatan, unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen, pembahasan tentang pengertian cerpen, ciri-ciri cerpen, cerpen lucu, kumpulan cerpen, cerita cerpen pendidikan, cerpen sahabat, cerpen pendek.

cerita pendek, contoh cerpen persahabatan, contoh cerpen romantis, contoh cerpen singkat, cerpen cinta, cerpen pengalaman dan pengertian, ciri-cirinya.

Tinggalkan komentar