Pengertian Tentang Epoxy Lantai Terbaru Saat Ini

Epoxy Lantai Adalah Salah Satu Sistem Terbaik Untuk Lantai Anda

Epoxy lantai adalah cat yang terdiri dari 2 bahan khusus yaitu cat epoxy dan hardener. Kedua komponen tersebut dicampur hingga merata dan diaplikasikan di atas beton atau keramik. Ada berbagai macam fungsi epoxy lantai yang harus Anda ketahui.

Kelebihan Epoxy lantai adalah sifatnya yang sangat tahan terhadap bakteri, air raksa dan bahan kimia lainnya. Disamping itu Epoxy Lantai juga memiliki daya tahan sangat bagus terhadap gesekan. Terdapat banyak fungsi Epoxy lantai yang harus Anda ketahui.

Salah satu Manfaat Epoxy lantai  adalah untuk pengecatan terhadap lantai beton supaya tahan lama. Dapat diterapkan pula pada lantai garasi, bengkel tujuannya adalah agar mudah dibersihkan dari sisa oli kendaraan. Dapat juga diaplikasikan pada tembok, lantai, kamar mandi, beton, keramik, dll.

Perbedaan Epoxy Lantai Dengan Epoxy Coating

Cat Epoxy atau Epoxy Coating

Ikhtisar / Penjelasan :
  • kebanyakan orang menyebut istilah “cat epoxy” dan “epoxy coating”, keduanya berarti sama adalah epoxy.
  • Epoxy coating adalah sistem lantai yang memiliki sifat yang sama, dimana pengaplikasiannya dapat berhasil ataupun gagal.
  • Istilah ‘cat epoxy’ berawal dari terminologi yang pakai oleh orang ketika mencari epoxy coating.
  • Penyebutan ‘cat epoxy’ ternyata lebih menjual dan mudah diucap dari pada epoxy coating. Sehingga banyak produsen yang lebih memakai kata ini.

Konsep Dasar Epoxy

Berikut ada cerita menarik tentang pemilik rumah yang ingin sekali mengaplikasikan epoxy lantai ke lantai garasi mereka. Mereka bertanya. “Mana yang harus dipakai untuk garasi saya. cat epoxy atau epoxy coating…?” Apakah ada perbedaaan diantara kedua tersebut? Jika memang benar, manakah yang terbaik dan termurah?

Agar mempermudah ketika menjawabny, kita harus tahu dasar-dasarnya epoxy coating. Terutama perbedaan dan keuntungan cat epoxy, dan epoxy coating (pelapis epoxy tersebut).

Konsep dasar Epoxy Lantai adalah epoxy coating bukanlah cat. Cat lantai biasanya menggunakan lateks akrilik. Sehingga Banyak produsen cat lantai akrilik lateks yang menawarkan cat dengan kandungan epoksi yang  minim sekali.

Lantai yang sudah memakai cat tersebut memang memiliki daya rekat dan ketahanan yang baik, dibandingkan cat akrilik standar. Namun ini bukanlah cat epoxy tapi tetap cat lantai lateks akrilik yang jauh lebih cepat rusak.

Pengertian Epoxy Resin

Epoxy Resin (Fiberglass Resin) sangat populer di kalangan perkapalan sejak 1930-an sebelum munculnya epoxy lantai. Karena itulah resin polyester sehingga banyak orang yang menyebut dengan resin kapal.

Ketenaran atau popularitas Epoxy Resin ini lama-kelamaan semakin menjadi-jadi Karena banyaknya penggunaan baik skala industri maupun rumahan. Karakteristik resin epoxy lebih bagus dibandingkan dengan resin polyester, Akan tetapi harganya relatif mahal.

Tidak hanya pada kayu saja, resin epoxy juga dapat merekat kuat hampir disemua permukaan termasuk permukaan resin polyester. Sehingga sangat cocok untuk bahan finishing dengan sifat yang tahan banting serta elastis resin dari pada lainnya. Sehingga epoxy Ini populer pada kalangan militer negara.

Resin polyester (fiberglass resin) atau resin kapal ini banyak dipasarkan didunia khususnya Indonesia, dengan warna yang berbeda-beda. Seperti merah, dan hijau, yang sedikit transparan apabila digunakan dalam lapisan yang relatif tipis. Pemakaian jenis polyester resin kisaran 70% pada seluruh penggunaan semua jenis resin di seluruh belahan bumi.

Cat Epoxy Kayu

Merupakan cat untuk besi dan kayu, berbasis epoxy amine adduct yang khusus agar menghasilkan permukaan yang lebih halus & mudah diamplas.

Tujuan Epoxy Lantai adalah menjadi pelapis terakhir pada permukaan lantai, dan dinding. Lantai yang sudah dilapisi epoxy akan lebih mudah bersih, tidak ada sambungan nat dan terlihat lebih kokoh. Menjadi standart dari ISO dalam perusahaan sejenis industry karena ahan terhadap kimia.

Epoxy floor coating adalah wujud kombinasi dari epoxy resin dan direaksikan dengan polymed suatu kimia yang kuat serta menempel erat di beton, kayu, dan metal.

Epoxy jenis ini biasa digunakan pada lantai rumah sakit, pabrik plastik, super market, laboratorium dan industri lainnya. hal tersebut sudah menjadi standart dari ISO dalam perusahaan sejenis industry. Lantai yang telah dilapisi epoxy bisa menjadi lebih bersih serta akan terlihat lebih indah dan menawan.

Fungsi Epoxy Resin

Fungsi Epoxy lantai sering dijumpai pada berbagai laboraturium, industri sebagai cat lantai, perekat, dan kegunaan epoxy lantai lainnya.

Berikut beberapa penggunaan Epoxy Resin pada industri:

  • Epoxy digunakan untuk memberikan lapisan pelindung yang sangat tangguh.
  • sebagai perekat struktural yang digunakan dalam pembuatan pesawat, kapal serta untuk pengaplikasian yang lainnya.
  • digunakan pada industri elektronik pada pembuatan transistor.
  • Pada aplikasi tingkat tinggi atau sangat teknis, resin epoxy digunakan sebagai pengikat sampel yang akan diteliti  pada mikroskop elektron
  • Tidak terbatas hanya untuk aplikasi teknis, epoxy juga digunakan sebagai binder atau bahan pengikat dengan mencampurnya dengan pigmen untuk mendapatkan warna
  • Epoxy juga digunakan dalam pembuatan berbagai campuran gips dan cetakan, laminasi, toolings plastik, dan perlengkapan lain yang sejenis

Fungsi Hardener Pada Epoxy

 fungsi hardener pada epoxy lantai adalah sebagai katalis supaya proses pengeringan atau reaksi polimerisasi lebih cepat.

Manfaat dari Hardener Epoxy lantai adalah untuk meningkatkan kekebalan pada beton, mengurangi debu pada permukaan lantai beton. Floor Hardener umumnya digunakan di lantai garasi, parkir, pergudangan, pabrik / industri, dan lain sebagainya. Selain itu epoxy juga tahan pada beban berat dan juga ketahanan terhadap bahan-bahan kimia.

Hubungi kami segera untuk memperoleh informasi harga cat epoxy lantai dengan memberikan data berikut:

  • luas area yang akan dicat
  • lokasi pengecatan
  • kondisi lantai
  • penggunaan lantai yang akan dicat dengan epoxy dapat ditentukan ketebalan cat epoxy lantai yang akan diaplikasikan

Kami akan memberikan harga cat epoxy lantai terbaik sesuai dengan kualitas jasa epoxy lantai yang akan Anda dapatkan.

Harga Epoxy

Material komposit, perekat, dan pelapis dengan serat karbon fiberglass adalah cakupan Epoxy. Walaupun polyester, vinyl ester, dan resin thermosetting lainnya juga digunakan untuk plastik yang diperkuat kaca. Per paket Epoxy yang dijual mengandung resin dan hardener terpisah, dicampur dengan segera sebelum digunakan. epoxy berfungsi sebagai resin perbaikan untuk aplikasi laut. Epoxies biasanya tidak digunakan pada lapisan luar perahu karena mereka memburuk oleh paparan sinar UV.

Harga Epoxy Resin

Dalam fungsi epoxy lantai yang harus diketahui, harga epoxy resin tentunya sangat berpengaruh. Epoxy Resin adalah suatu jenis resin dengan kekuatan dalam hal ketahanannya terhadap bahan kimia, benturan, dan gesekan. Kemampuan Epoxy Resin untuk bertahan pada lingkungan industri adalah nilai lebih yang selalu dibutuhkan. Inilah yang akhhirnya membuat produsen dari Epoxy Resin berlomba dalam  memproduksi dan menjual Epoxy Resin berbagai jenis yang makin lebih baik.

Menjadi polimer epoxide yang punya kualitas lebih baik dari campuran sejenis pengeras ataupun hardener. Kami jual epoxy resin murah berkualitas di Jakarta. Untuk harga dari cat epoxy resin yang terbaik dan hardener, gratis ongkos kirim wilayah Jabodetabek.

Epoxy Hardener

Floor Hardener adalah salah satu cara untuk mengeraskan lantai. Saat ini ada dua jenis aplikasi floor hardener, yaitu dengan Floor Hardener tabur dan floor hardener (liquid) atau cair . Ini diberikan saat cor beton sudah hampir setting. taburkan bahan floor hardener ke atas cor beton kemudian di finish trowel.

Lantas jika betonnya sudah terlanjur kering atau beton yang berumur sudah lama bagaimana? Jalan keluarnya adalah floor hardener yang cair. Cara kerjanya yaitu dengan menyerap kedalam lantai dan akan senyawa dengan beton, sehingga beton bertambah tingkat kekerasannya.

Demikianlah penjelasan yang kami sampaikan mengenai fungsi epoxy lantai yang harus di ketahui. Semuanya telah tersampaikan secara jelas.

Apa itu epoxy coating?

Epoxy Lantai coating adalah campuran antara resin epoxy dan hardener. Kedua bahan kimia tersebut dicampur secara bersamaan sebelum memulai aplikasian pada lantai. Setelah selesai pencampuran ada batasan suhu dan waktu. Jika ingin menambahkan warna pada epoxy coating, Maka perlu Cat resin yang sesuai keinginan. Jika tidak diwarnai, Sering disebut clear coating.

Pengaplikasian epoxy coating dapat berhasil dan gagal, sama seperti sifat cat. Namun tidak sepenuhnya memiliki sifat seperti cat umumnya. Pencampuran kedua bahan kimia tersebut menimbulkan proses reaktif yang menciptakan cross-linking kimia ketika cat sudah kering.

Keterkaitan bahan tersebut memberikan permukaan yang sangat keras dan tahan lama. Dimana akan menyegel beton dan membuatnya tahan terhadap bahan kimia. Seberapa kuat ketahanan dan kinerja lapisan epoxy biasanya ditentukan oleh kandungan dan kepadatan dari epoxy yang telah digunakan.

Tingkat kesulitan pengaplikasian epoxy tergantung dari kandungan padatannya

Kemudahan penerapan epoxy coating juga tergantung pada jumlah kandungan padatan. Biasanya ditampilkan sebagai persentase. Sebagai contoh, epoxy padatan dengan solids epoxy 1:1, Maka akan didapat 100 % saat lapisan epoxy di lantai sudah mengering.

Untuk epoxy padatan 5 : 5 solids epoxy, Maka Anda akan memiliki hasil 500% akan peroleh keyika lapisan epoxy di lantai sudah mengering. Ada juga jenis epoxy coating yang sangat tergantung pada bahan pengisi atau filler. Yakni air dan solvents sebagai pelarutnya.

Tinggalkan komentar