Contoh Kliping Dengan Sempurna 99%

CONTOH KLIPING – Membuat kliping, ya tulisan yang ini sering menjadi tugas guru bagi para siswannya, namun dalam kegiatan suatu komunitas contoh kliping ini juga sering muncul di acara ibu rumahtangga.

Dengan tujuan pengumpulan resep, entah itu dari majalah atau koran. Tidak hanya siswa, pekerjaan membuat kliping ini juga sering siswa jumpai di perguruan tinggi.

Pengertian kliping sendiri artinya mengumpulkan bahan dan memotong barang, gambar  koran, majalah, atau dari sumber lain untuk pembuatan kliping, dengan tujuan dokumentasi.

Potongan hal dalam kliping harus berisi tema sejenis, misalnya kliping bencana alam, lalu artikel dan gambar di kasih bencana gunung, tsunami, longsor atau badai dan lainnya.

Teknik Membuat Contoh Kliping yang Bagus

baabun.com

Meski kliping bisa menjadi sumber informasi, namun dalam penggunaannya tidak bisa dimaksimalkan seperti sumber informasi lainnya.

Karena dalam sebuah artikel hanya membahas satu topik saja, karena itu, kliping biasa digunakan sebagai sumber informasi yang lebih spesifik.

Maka dari itu pembuatan kliping, harus dilakukan dengan baik, agar informasi yang diberikan akurat dan terkompilasi baik. Caranya dalam membuat kliping itu sendiri bisa Anda lakukan dengan dua teknik, diantaranya:

1. Sistem Ordner

Ini adalah teknik kliping dalam bundel kliping dan ada satu tema yang mengabaikan tanggal, judul, dan sumber berita. Contoh kliping yang dibuat dengan teknik ordner adalah teknik yang membahas tema spesifik seperti:

Kliping bencana alam, olahraga, resep seni, beladiri, pendidikan dan sebagainya.

2. Sistem Eksternal

Sistem eksim adalah kebalikan dari sistem ordner. Cara pembuatan kliping dengan teknik exive fokus pada bahan yang digunakan seperti:

Majalah, koran, dan lain-lain secara kronologis dalam jangka waktu tertentu. Contoh kliping dengan teknik exive yang digunting dengan bahan majalah yang terbit tahun 2015 saja.

Tujuan pembuatan kliping ini agar memudahkan untuk melacak informasi dalam kurun waktu tertentu. Disarankan membuat kliping, dengan teknik exive karena hasilnya akan lebih profesional dan lebih terstruktur.

Cara Membuat Kliping dan Triknya

windowsnesia.com

Gunakan bahan untuk membuat kliping biasa dari media cetak, contoh majalah, surat kabar, media cetak lainnya, namun internet untuk mencari bahan contoh kliping itu sudah cukup. Banyak sekolah dan perguruan tinggi memanfaatkan sumber internet, untuk membuat kliping.

Manfaat kliping banyak, misal, guru sedang memberikan tugas PR kepada murid-murid yang sebenarnya itu untuk melatih kreativitas dan juga menambah luas wawasan muridnya.

Dalam pembuatan kliping, kita juga harus belajar bagaimana mencari bahan yang relevan dari sumber yang berbeda-beda, sehingga waktu kita di perguruan tinggi kita tidak keteteran dalam tugas, karena kita sudah pernah mencobanya.

Contoh kliping yang benar, tidak hanya satu jenis namun bentuknya bervariasi sesuai tujuan kita apa yang akan di buat, seperti membuat kliping yang memenuhi tugas sekolah, contoh kliping bencana alam, contoh kliping seni budaya, contoh kliping olahraga.

Kaum hawa rumah tangga juga senang membuat kliping, entah itu untuk keperluan resep, atau bisnis rumah tangganya.

Setelah mengetahui pengertian, tujuan pembuatan contoh kliping, maka kita belajar bagaimana, contoh membuat kliping benar dan baik. Berikut ini beberapa contoh langkah membuat kliping:

Contoh Kliping yang Benar dengan Bagus

caragigih.id

1. Sebelum membuat contoh kliping, tentukan tema yang kita ambil terlebih dahulu. Contoh, kliping tema yang diambil adalah bidang kliping olahrag.

Maka isi semua contoh kliping olahraga tersebut membahas tentang olahraga, dan yang jelas artikel tersebut diatur dalam satu contoh kliping.

2. Kumpulkan bahan kliping, dalam bahan kliping mencari bahan kliping dari, koran, media cetak seperti majalah, atau yang populer media internet. Kitasebaiknya cetak dulu, agar nanti contoh kliping olahraga atau yang lain terlihat bagus.

3. Koleksi bahan yang disarankan dari media cetak dari tahun terakhir atau sampai yang terbaru, jika media cetak tidak ada yang relevan maka bisa mencari di media internet. Tapi untuk keseluruhan bahan kliping tidak juga harus dari internet.

4. Setelah bahan kliping dikumpulkan, maka siapkan juga alat gunting seperti gunting, dan lem. Jika kita ingin menghiasi kliping juga menyiapkan aksesoris hiasan dalam menghiasi contoh cover kliping tersebut.

5. Sebelum contoh cover kliping kita isi, siapkan beberapa kertas HVS, Folio yang kita butuhkan dan kemudian buatlah volume. Selain kertas pengikat HVS atau Folio juga bisa menggunakan notebook atau buku bergambar.

6. Selanjutnya proses pemotongan, pilih bahan yang akan dipotong, lalu tempel bahannya dengan lem ke selembar kertas HVS. Lakukan hal yang sama pada lembar HVS berikutnya.

7. Dalam proses penyisipan artikel disusun secara sistematis mulai tanggal hingga tahun terbitannya, maka tampilannya lebih rapi dan menarik. Jangan lupa untuk menyisipkan sumber artikel baik koran maupun internet.

8. Dalam pembuatan pastika kita bisa membuatnya tertempel sesuai dengan keinginan, misal seperti menempelkan gamnbar potongan atau hiasan lain dalam halaman kliping, agar halaman terlihat keren.

9. Setelah kloning isi kliping maka buatlah cover atau cover clippings dengan tampilan yang lebih dance, ini untuk membuat pembaca lebih penasaran dan tertarik untuk membaca kliping.

10. Setiap lembar HVS menempatkan satu atau dua halaman di halaman depan untuk membuat daftar isi, jika tidak memberikan nomor halaman di footer HVS sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan halaman yang sesuai dengan daftar isi.

Mudah bukan cara membuatnya, buat saja kliping sendiri agar lebih menarik perhatian pembaca.

Sistematika Contoh Cover Kliping

CARAGIGIH.ID

Sistematika Kliping, serta kertas membuat kliping yang bagus harus menggunakan sistematika yang benar sehingga terlihat lebih terorganisir dan rapi, tetap apalah sistemnya:

1.Kliping Meliputi

Penutup atau penutup adalah bagian yang harus di buat dalam pembuatan kliping, sehingga kliping menarik perhatian pembaca.

Buatlah penutup kliping yang menggambarkan isi semua kelembutan sehingga pembaca atau guru Anda tahu apakah judul dan gambar di sampul sesuai dengan isi diskusi atau tidak.

2. Kata Pengantar Kliping

Pengenalan sebenarnya jarang dimasukkan dalam kliping, tapi bukan kesalahan lembar pengantar yang ditambahkan pada kliping Anda. Buatlah pengantar yang bagus dan benar serta buatlah karya ilmiah seperti satu kertas.

3. Daftar Isi Kliping

Daftar isi sangat penting untuk sebuah kliping, karena dengan daftar isi pembaca tidak akan sulit mencari artikel dari beberapa halaman konten. Juga membuat kliping Anda terlihat lebih rapi.

4. Kliping Konten atau Diskusi

Kliping atau kliping konten disarankan agar sesuai dengan judul pada cover kliping Anda, sehingga isi kliping judul itu saling terkait. Pada konten Deny juga menjadi sumber artikel yang dibahas di bawah artikel tersebut, contoh:

Harian Santri. Isi isinya juga harus disortir dari artikel terbaru hingga artikel terlaris, atau sebaliknya.

5. Kesimpulan dan Saran

Kesimpulan dan saran juga penting dalam menambahkan kliping, jadi pembaca bisa mengetahui kesimpulan diskusi atau isi klipingnya.

6. Referensi

Selain kesimpulan dan saran juga menambahkan daftar literatur dari sumber yang didapat baik dari media internet maupun media surat kabar.

Dengan mengatur secara sistematis kliping akan membuat kliping Anda lebih propesional, namun juga menambahkan aneka ornamen untuk menghiasi kliping. Kliping lebih menarik dan menarik pembaca.

7. Kata Pengantar Kliping

Kata pengantar kliping digunakan untuk mengklarifikasi untuk apa kliping ini dibuat. Tapi kata pengantar ini tidak terlalu penting mengingat pokok utamanya terletak pada isi kliping yang menjadi target utama menyampaikan pesan kepada pembaca.

Contoh Kliping

sahabatnesia.com

Jika Anda pergi ke perpustakaan, Anda akan menemukan kliping kliping, apakah itu kliping dari hasil tugas atau kontribusi siswa.

Berikut adalah beberapa contoh kliping yang bisa menjadi referensi Anda dalam membuat kliping, termasuk:

1. Kliping Agama

Kliping religius ini berisi tentang masalah spiritual atau spiritualitas, atau panduan belajar seperti kliping dengan judul klip belajar Alquran dan hadits.

2. Resep Masakan Kliping

Kliping resep biasanya dibuat oleh ibu rumah tangga yang nantinya dijadikan panduan yang digunakan untuk memasaknya, seperti resep resep gunting dengan judul Local Cuisine Recipes.

3. Kliping Komputer

Kliping komputer biasanya berisi panduan atau masalah yang ada di komputer, biasanya kliping ini sering digunakan sebagai pegangan siswa atau siswa RPL atau ilmu komputer. Contoh kliping judul seperti Computer Guide Clipping Guide.

Contoh Cover Kliping

Sahabatnesia.com

Contoh cover kliping biasanya dibuat sangat menarik. Cover diberi beberapa hiasan dengan gambar unik. Penutup kliping juga bisa diberi gambar untuk menarik perhatian penonton untuk membuka dan melihat kliping isi.

Kliping adalah salah satu cara efektif untuk menarik perhatian orang lain, tak terkecuali orang yang dicintai.

Buatlah contoh kliping sesekali untuk diberikan kepada orang yang Anda cintai sebagai kejutan pada hari istimewa. Tentunya usaha Anda akan membuatnya merasa lebih dihargai.

Contoh Cover Kliping yang Baik

Gambar di atas adalah salah satu contoh penutup kliping yang indah, namun tetap memperhatikan nilai elegan dengan warna hitam dan putihnya yang dominan.

Contoh cover kliping penutup seperti contoh gambar diatas pasti bagus untuk membuat orang penasaran akan isi contoh kliping itu sendriri.

Contoh Kliping Olahraga

SARUNGPRENUER.COM

Kliping Olahraga adalah salah satu jenis kliping dan favorit dari banyak remaja dan remaja. Biasanya mereka membuat contoh kliping olahraga favorit mereka, dengan melampirkan beberapa gambar dan diskusi tentang olahraga favorit mereka.

Selain itu, mereka biasanya akan menempelkan gambar idola mereka di kliping yang ingin mereka buat. Misalnya bagi mereka yang menyukai bola, maka ia akan menempatkan:

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi di salah satu halaman contoh cover kliping tersebut.

Untuk contoh cover olahraga Moto GP contohnya, mereka akan melampirkan gambar idola mereka yang sedang beraksi di tengah lapangan. Sebut Rossi, Marcues, Pedrosa, Barbera, Lorenzo.

Demikian info atas contoh kliping yang bisa saya bagi, semoga info di atas bisa berguna dan bermanfaat bagi lainnya, terimakasih dan sampai jumpa lagi diartikel-artikel CaraGigih.Id selanjutnya.

Gigih Ronal :Go Inpian Waw